Home » , » Kerusakan Jalan Masih Adang Pemudik di Provinsi Jambi

Kerusakan Jalan Masih Adang Pemudik di Provinsi Jambi

Written By jambipos-online on Tuesday, June 21, 2016 | 7:01 PM


     
Perbaikan ruas Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera di wilayah Merlung, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Provinsi Jambi. Ruas jalan tersebut merupakan jalur utama mudik Lebaran/Idul Fitri Jawa-Sumatera. Gambar diambil baru-baru ini.
Perbaikan ruas Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera di wilayah Merlung, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Provinsi Jambi. Ruas jalan tersebut merupakan jalur utama mudik Lebaran/Idul Fitri Jawa-Sumatera. Gambar diambil baru-baru ini.

Jambipos Online, Jambi-Kerusakan jalan masih tetap menghadang para pemudik di Provinsi Jambi tahun ini. Sebagian jalur utama mudik di daerah itu hingga kini masih rusak. Baik itu jalur utama mudik pada jalur Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) maupun pada ruas jalan antar kabupaten atau jalur penghubung Jalinsum.

Kepala Sub Dinas (Kasubdin) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Arpan di Jambi, mengatakan, hingga kini masih ada sekitar 135,87 kilometer (km) atau sekitar sembilan persen jalan yang rusak berat di Provinsi Jambi. Baik itu jalan nasional, jalan provinsi dan jalan kabupaten. Ruas jalan dalam kondisi rusak ringan sekitar 242,97 km (15,14  persen).

“Memang masih banyak ruas jalan di Jambi yang rusak hingga sekarang, khususnya ruas jalan antar kabupaten-kabupaten yang merupakan jalan penghubung ke Kota Jambi dan Jalinsum. Menghadapi Idul Fitri 1437 Hijriyah nanti, perbaikan jalan tersebut sedang dilakukan. Perbaikan jalan tersebut ditargetkan rampung paling lambat H-7 Idul Fitri,”katanya.

Dijelaskan, perbaikan kerusakan jalan pada jalur-jalur utama mudik di Jambi antara lain, Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera di wilayah Kabupaten Tanjungjabung Barat, ruas jalan Kabupaten Sarolangun-Merangin-Kerinci, ruas Tempino (Muarojami)-Muarabulian (Batanghari), ruas jalan Kota Jambi-Suak Kandis (Kabupaten Muarojambi) dan ruas jalan Kota Jambi-Muarasabak (Tanjungjabung Timur).

“Setelah melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas jalan, ruas jalan di Jambi yang berkualitas baik meningkat signifikan. Ruas jalan di Jambi yang masuk kategori baik saat ini sekitar 595,57 km (39,57 persen) dan kondisi sedang sekitar 530,53 km (35,25 persen),”katanya.

Dijelaskan, perbaikan dan pembangunan jalan di Jambi meningkat menyusul banyaknya ruas jalan provinsi yang menjadi jalan nasional. Panjang ruas jalan provinsi yang berubah status menjadi jalan nasional di Jambi dua tahun terakhir mencapai 398 km. Perubahan status jalan tersebut membuat kualitas jalan di Jambi semakin baik. Kemudian beban Pemerintah Provinsi Jambi untuk memperbaiki kerusakan jalan juga berkurang setelah jalan provinsi menjadi jalan nasional.

“Saat ini panjang jalan provinsi di Jambi yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jambi hanya sekitar 1.111 km. Sebelumnya panjang jalan provinsi di Jambi mencapai 1.504,93 Km. Sekitar 398 Km jalan provinsi di daerah ini sudah berubah menjadi jalan nasional. Dengan demikian perbaikan jalan nasional tersebut menjadi tanggung jawab pemerintah pusat,”katanya.

Siaga Mudik

Sementara itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci melakukan siaga mudik lebaran mengantisipasi kerawanan longsor dan banjir pada ruas jalur utama mudik di kedua daerah itu. Jalur arus mudik yang rawan longsor di kedua daerah itu terdapat pada ruas jalan Kota Bangko (Merangin)-Batang Merangin (Kerinci) dan ruas jalan Kayuaro (Kerinci)-Tapan (batas Kerinci- Sumatera Barat).

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Kerinci, Julizarman menjelaskan, pihaknya membentuk pos pengamanan mudik lebaran pada ruas jalan Batang Merangin yang menghubungkan Kota Jambi dengan Kota – Sungaipenuh dan Kerinci serta di Kayuaro, yang menghubungkan Kota Sungaipenuh dengan Sumatera Barat. Pos tersebut sudah siaga memasuki H-7 Lebaran nanti.

Menurut Julizarman, pihaknya juga menyiapkan puluhan unit armada bus bantuan mengantisipasi longsor. Bus tersebut difungsikan jika ada bus angkutan mudik yang terjebak longsor. Kemudian, Dishubkominfo Kerinci juga bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum Kerinci mempersiapkan beberapa unit alat berat pada ruas jalur mudik yang selama ini rawan longsor. (SP)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos