Home » , » DKP Jambi Targetkan 6.000 Nelayan Dapat Asuransi

DKP Jambi Targetkan 6.000 Nelayan Dapat Asuransi

Written By jambipos-online on Tuesday, June 7, 2016 | 7:52 PM


Jambipos Online, Jambi-Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi menargetkan 6.000 nelayan mendapat program asuransi dari pemerintah pusat sebagai jaminan perlindungan.

Kepala DKP Jambi Saifuddin, mengatakan penyaluran asuransi berdasarkan kartu nelayan. Bagi mereka yang sudah memiliki kartu, secara otomatis akan mendapatkan asuransi nelayan. Namun diakuinya petunjuk teknis (juknis) program tersebut belum diketahui. Namun, menurutnya, pada 2016 ini program pemerintah pusat itu telah terealisasi dan preminya ditanggung pemerintah pusat.

"Saat ini sektor perikanan tidak bisa berdiri sendiri, kementerian dan kelembagaan perikanan telah membangun kerja sama dengan semua pihak. Salah satunya pemberian asuransi untuk melindungi nelayan," kata Saifuddin di Jambi, Minggu (5/6).

Saifuddin mengatakan pada tahun 2017, DKP Provinsi Jambi akan menambah penyaluran asuransi sebanyak 15.000 nelayan.

Saifuddin menyebutkan, masyarakat nelayan terbanyak di Provinsi Jambi berada di tiga kabupaten yakni Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur yang merupakan nelayan laut dan nelayan danau di Kabupaten Kerinci.

Dalam pengadaan kartu nelayan tersebut, DKP telah membangun kesepakatan bersama dengan Dinas Perikanan kabupaten/kota setempat, sehingga kartu nelayan itu dicetak di wilayah tempat nelayan berdomisili. Syaratnya, cukup menyebutkan pekerjaan di kartu tanda penduduk (KTP) sebagai nelayan. 

"Sederhana sebenarnya, cukup pekerjaanya nelayan maka dia langsung mendapatkan kartu nelayan. Tapi kalau pekerjaannya di KTP petani, tapi dia sehari-harinya nelayan cukup meminta surat keterangan dari camat atau dari lurah, maka akan diterbitkan kartu nelayannya," kata Saifuddin. (SP)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos