Home » » Wagub Gelorakan Semangat Sehat Jiwa

Wagub Gelorakan Semangat Sehat Jiwa

Written By jambipos-online on Thursday, May 5, 2016 | 12:36 PM

Jambipos Online, Jambi-Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar membuka acara Sosialisasi Konsep Kesehatan Jiwa Masyarakat serta mengajak semua pihak membangun kesehatan jiwa yang dimulai dari rumah tangga, Rabu (4/5/2016).

"Mengajak untuk senantiasa mampu menggelorakan semangat sehat jiwa untuk menyongsong terwujudnya Jambi Tuntas," ungkap Wagub.

Masalah kesehatan jiwa sangat penting digalakkan mengingat tekanan dan permasalahan sosial masyarakat yang semakin kompleks, ekonomi, bencana alam yang terjadi berpengaruh pada psikis dan ketahanan mental masyarakat.

Komitmen dan kerjasama pelaku pembangunan kesehatan baik pemerintah, swasta, serta pemangku kepentingan sangat penting dalam membangun kesehatan mental masyarakat,"Tingkatkan koordinasi dan kebersamaan," papar Wagub.

Ada dua kelompok besar mengenai kesehatan jiwa menurut UU No. 18 Tahun 2014 tentang kesehatan jiwa, orang dengan gangguan kejiwaan dan orang dengan masalah kejiwaan.

ODGJ memiliki gejala seperti waham, delusi, halusinasi , sementara OMDK ditandai dengan murung, pesimis, keringat berlebihan, ketegangan motorik.

Provinsi Jambi terus menggalakkan program pengobatan bagi penderita gangguan kesehatan mental. Menurut Kepala Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jambi Hj. Hernaya menyampaikan sosialisasi konsep kesehatan jiwa penting dilakukan pada masyarakat.

Masyarakat yang sehat merupakan modal utama pembangunan yang menjadi visi misi Jambi Tuntas 2021. Acara yang berlangsung di Abadi Hotel juga diikuti Bupati dan Walikota serta pihak yang terkait dengan kesehatan. (Humas Prov Jambi)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos