Home » , » Jambi Paparkan Upaya Jadi Smart City di New Delhi

Jambi Paparkan Upaya Jadi Smart City di New Delhi

Written By jambipos-online on Wednesday, May 18, 2016 | 6:51 AM

Jembatan Pedistrian Gentala Arasy Kota Jambi, Selasa 17 Mei 2016. Foto Asenk Lee Saragih.
Jambipos Online, New Delhi-Wali Kota Jambi Syarif Fasha menjadi nara sumber pada South Asian Cities Summit 2016 yang mengangkat tema Smart Cities - Aspiration and Challenges. South Asian Cities Summit 2016, berlangsung dari tanggal 6 hingga 7 Mei 2016 di The Ashok Hotel Chanakyapuri, New Delhi tersebut diikuti lebih dari 500 peserta dari berbagai negara  Asia seperti Tiongkok, Taiwan, Singapure, Malaysia, Jepang, Rusia, Selandia Baru, Nepal, Bhutan, Maladewa, termasuk Indonesia.

Kota Jambi menjadi perwakilan delegasi Indonesia bersama DKI Jakarta, dan Kota Tangerang Selatan. Wali Kota Jambi Syarif Fasha memaparkan tentang Urban Transformation Requisite Empowered Leadership dan Smart City Concept di Kota Jambi. Serta, model pengolahan sampah modern dengan konsep Sanitary Landfill yang dibangun atas kerjasama Kreditanstalt fur Wiederbau (Bank Pembangunan Jerman).

Selain itu program inovasi pemberdayaan masyarakat seperti Kampung Bantar, Bangkit Berdaya dan Waste Bank (Bank Sampah).

Fasha mengatakan keikutsertaannya mewakili delegasi Indonesia bermanfaat dalam membangun Kota Jambi. Selain semakin dikenal didunia global, komunikasi dengan kota-kota yang telah maju di dunia internasional akan membangun kolaborasi dan kerjasama mempercepat pembangunan kota.

"Dengan mengikuti South Asian Cities Summit 2016 Kota Jambi bisa lebih dikenal di dunia internasional, selain itu juga dalam forum tersebut kota-kota yang sudah maju berbagi kepada kota berkembang," ujarnya dalam siaran persnya, Senin (9/5/2016).

Sementara itu, kepala Bappeda Kota Jambi Donie Iskandar mengatakan, forum juga melahirkan beberapa formulasi guna memberikan kemudahan dan kecepatan dalam pelayanan kepada masyarakat melalui pengembangan Smart City.

Dalam kunjungan kerja tersebut Wali Kota Syarif Fasha sempat mengunjungi KBRI di New Delhi. Dalam pertemuan yang berlangsung di Wisma Indonesia, Dubes RI Rizali Wilmar Indrakesuma mengapresiasi kunjungan dan keikutsertaan Pemerintah Kota Jambi dalam South Asian Cities Summit.

Dubes didampingi Sekretaris I Bidang Ekonomi KBRI juga membicarakan rencana pertemuan produsen Indonesia dan pembeli dari India di KBRI. Kota Jambi akan diundang dalam pertemuan tersebut. Ini menjadi peluang bagi Kota Jambi mengingat India merupakan produsen dan pasar besar di Asia. (SP)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos