Home » , » Coffee Morning, Wartawan Bertanya, Zola Menjawab

Coffee Morning, Wartawan Bertanya, Zola Menjawab

Written By jambipos-online on Tuesday, May 17, 2016 | 3:23 PM



Sejak dilantik menjadi Gubernur Jambi 12 Februari 2016 lalu, Zumi Zola kali pertama kumpulkan wartawan Jambi dalam acara “Coffee Morning” di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (17/5/2016).Foto Asenk Lee Saragih


Jambipos Online, Jambi-Sejak dilantik menjadi Gubernur Jambi 12 Februari 2016 lalu, Zumi Zola kali pertama kumpulkan wartawan Jambi dalam acara “Coffee Morning” di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (17/5/2016). Sekitar 60 orang penggiat pers hadir dalam pertemuan itu.

Sejumlah wartawan bertanya kepada Gubernur Jambi Zumi Zola, mulai dari penyaluran beasiswa, lahan pangan, kelangkaan daging sapi setiap puasa dan lebaran, kemiskinan hingga sulitnya mendapatkan data dari SKPD.(Foto Lengkap Coffee Morning Klik di FB Ini)

Misalnya Haramen (Pimred Jambi Ekspres) menayakan soal kemiskinan yang masih melanda Provinsi Jambi dan penyaluran beasiswa hingga berkurangnya anggaran publikasi untuk media di Humas Provinsi Jambi.

Secara tegas Zumi Zola menjawab, bahwa kemiskinan hampir terjadi diseluruh Indonesia. Juga akibat lesunya perekonomian akibat turunnya harga Migas. Menyangkut soal beasiaswa, kata Zola penyaluran beasiswa harus sesuai prosedur dan hati-hati sehingga tidak menjadi masalah dikemudian hari.

Terkait menurunnya anggaran publikasi media di Humas Provinsi Jambi, kata Zumi Zola, hampir seluruh pemerintah provinsi anggaran dari Pusat dikurangi hingga 10 persen. Sehingga diharapkan menggunakan anggaran secara selektif. “Setidaknya saat ini harus mengecilkan ikat pinggang,” ujar Zola.

Kemudian Fitriulinda (Pimred Media Jambi) juga bertanya soal kelangkaan pasokan daging sapi setiap bulan Ramadhan hingga Idul Fitri. Fitri menyebutkan karena persoalan ini selalu menjadi persoalan klasik dari tahun-ke tahun. Dia juga menyarankan agar dilakukan pemetaan peternakan sapi di Provinsi Jambi.

Fitriulinda juga mengusulkan agar Coffee Morning wartawan dengan Gubernur Jambi Zumi Zola dengan SKPD dilakukan satu kali dalam tiga bulan. Karena di era Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin, hal itu sudah rutin dilakukan.

Menjawab hal itu, Zumi Zola mengatakan, persoalan kurangnya pasokan daging sapi setiap ramdhan dan Idul Fitri sudah menjadi persoalan nasional. Provinsi Jambi sendiri akan melakukan langkah-langkah dini guna menghindari  kelangkaan daging sapi selama Ramadhan dan Idul Fitri.

Menanggapi usulan Coffee Morning itu, Gubernur Jambi Zumi Zola memerintahkan sekda Provinsi Jambi Ridham Priskab untuk membuat jadwal rutin. Karena menurutnya pertemuan itu sebagai wadah saling berbagi informasi serta masukan-masukan dari kalangan pers kepada SKPD.
Radesman Saragih S Sos (Wartawan Suarapembaruan) bersama Gubernur Jambi Zumi Zola. Foto Asenk Lee Saragih
Sementara Radesman Saragih (Wartawan Suarapembaruan-Media Nasional) memberikan informasi kepada Gubernur Jambi Zumi Zola soal sulitnya wartawan mendapatkan data-data yang berkaitan dengan berita. Misalnya data lahan terkena puso akibat banjir, juga jumlah kerugian petani akibat banjir hingga luas kebakaran hutan saat musim kemarau.

Radesman Saragih mengusulkan agar informasi dari SKPD juga dilengkapi dat-data yang akurat, sehingga Pemerintah Pusat dapat mengetahui apa yang sedang terjadi di Provinsi Jambi. Radesman Saragih juga memuji kinerja Humas Provinsi Jambi sejak Gubernur Jambi Zumi Zola yang membantu wartawan dalam memberikan rilis kegiatan Gubernur Jambi Zumi Zola.

Menjawab hal itu, Zumi Zola mengatakan, masukan itu akan disampaikan kepada SKPD agar segera menyediakan data-data yang dibutuhkan wartawan. Kata Zola, tak ada lagi SKPD yang menutup-nutupi informasi publik, khususnya kepada wartawan. Karena UU KIP 2010 sudah menjamin keterbukaan informasi publik. (Asenk Lee Saragih)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos