Home » , » Universitas Indonesia Siap Revitalisasi Puluhan Objek Wisata di Jambi

Universitas Indonesia Siap Revitalisasi Puluhan Objek Wisata di Jambi

Written By jambipos-online on Monday, April 4, 2016 | 1:47 PM

Gentala Inspirasi. Ibnu Ziady
Jambipos Online, Jambi-Lembaga Teknologi Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) siap melakukan revitalisasi atau penataan kembali objek-objek wisata unggulan di Kota Jambi yang kini kurang terurus. Melalui revtalisasi tersebut, objek – objek wisata di Kota Jambi nantinya akan tampil semakin molek, tertata baik, mampu menyedot wisatawan dan bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD).
“Objek – objek wisata di Kota Jambi banyak yang memiliki potensi dikembangkan menjadi objek wisata unggulan kawasan perkotaan jika ditata dan dikelola dengan baik. Misalnya objek wisata eks arena Musavaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-18 yang berdampingan dengan kebun binatang. Kemudian ada Taman Tangga Rajo atau Taman Ancol Kota Jambi di tepi Sungai Batanghari. Kami siap menata objek wisata tersebut hingga menjadi objek wisata unggulan di Kota Jambi,” kata Manager Perencanaan dan Desain Lembaga Teknologi Fakultas Teknik UI, Rully Andhika pada diskusi pengembangan wisata Jambi di rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Kamis (31/3). Diskusi wisata itu turut dihadiri Gubernur Jambi, Zumi Zola.
Menurut Rully Andhika, Tim Perencanaan dan Desain Lembaga Teknologi Fakultas Teknik UI sudah mengunjungi objek-objek wisata yang terabaikan di Kota Jambi selama dua hari. Berdasarkan pengamatan pihak UI, objek-objek wisata tersebut bisa ditata lebih baik hingga menjadi objek wisata komersial. Objek wisata Kota Jambi yang bisa dibangun lebih baik tersebut antara lain, arena ek MTQ Nasional ke-18 Jambi Selatan, kawasan Taman Ancol Kota Jambi di tepi Sungai Batanghari, Masjid Agung Al-Falah, Taman Veteran (Tugu Juang) Taman Remaja Kotabaru Kota Jambi dan taman lainnya.
“Lembaga Teknologi UI telah berpengalaman dalam pengembangan taman di beberapa kota, termasuk taman tematik. Karena itu jika Jambi siap bekerja sama, UI akan segera menata objek – objek wisata di Kota Jambi menjadi objek wisata menarik. Unuk saat ini kami siap memberikan kajian teknis untuk pengembangan taman dan lokasi wisata potensial di Jambi.,”katanya.
Sementara itu Gubernur Jambi, Zumi Zola pada kesempatan tersebut mengatakan, Pemeritah Provinsi (Pemrpov) Jambi ingin menata dan mengembangkan taman-taman di Kota Jambi agar bisa menjadi tempat rekreasi yang lebih baik, atraktif dan memiliki daya tarik. Penataan objek wisata di Kota Jambi bisa menjadi daya tarik wisatawan nusantara dan menca negara ke Provinsi Jambi karena Kota Jambi meupakan ibukota provinsi dan pintu gerbang masuk ke Provinsi Jambi.
“Pengembangan wisata di Jambi ini tentu berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian dan kemajuan Jambi. Melalui kunjungan wisata yang meningkat, produk kerajinan Jambi akan semakin mudah dipasarkan. Kemudian tingkat hunian hotel dan omset restoran juga meningkat,”katanya.
Zumi Zola mengatakan, pihaknya siap bekerja sama dengan UI untuk pengembangan wisata di Kota Jambi. Pembangunan objek wisata tersebut bisa dilakukan secara bertahap, tidak sekaligus. Taman atau objek wisata yang potensial dikembangkan, yaitu arena eks MTQ, Taman Ancol Kota Jambi, Masjid Agung Al-Falah dan Taman Tugu Juang.
“Kalau bisa setiap tahun ada taman yang dibangun atau dikembangkan di Kota Jambi. Pengembangan objek wisata tersebut disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah,”katanya.(RDS-SP)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos