Home » , » Gubernur Zola Harap Raskin Tepat Sasaran

Gubernur Zola Harap Raskin Tepat Sasaran

Written By jambipos-online on Friday, April 15, 2016 | 8:44 AM

Jambipos Online, Jambi-Raskin merupakan program nasional dengan tujuan menurunkan angka kemiskinan, untuk itu diharapkan dalam penyalurannya raskin harus tepat sasaran. Harapan tersebut disampaikan Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli. S.TP. MA dalam acara Penganugerahan Raskin/Rastra Award 2015 dan Kerjasama Antara Perum Bulog Divre Jambi Dengan Pemerintah Provinsi Jambi yang diselenggarakan di Gedung Dolog Pasir Putih Jambi, Kamis (14/04/2016).

Dikatakan Gubernur Zola, program bantuan beras bersubsidi bagi masyarakat berpendapatan rendah (Program Raskin) merupakan program nasional lintas sektoral baik horizontal maupun vertikal guna membantu pangan bagi masyarakat khususnya yang berpendapatan rendah. " Saya berharap dalam penyaluran raskin dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran kepada masyarakat yang kurang mampu agar dapat merasakan manfaatnya," harap Zola.

Gubernur Zola menjelaskan bahwa program Raskin merupakan salah satu upaya pemerintah untuk penanggulangan kemiskinan guna melindungi warga kurang mampu dari permasalahan kekurangan pangan serta menunjang pemerataan ekonomi bagi masyarakat kurang mampu.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Zola juga meminta kepada para bupati/walikota untuk selalu mengawasi dan memonitor dalam penyaluran raskin agar sampai kepada yang berhak menerimanya. "Kita harus menghilangkan anggapan saat ini bahwa penerima raskin adalah keluarga ataupun kerabat dari seseorang pejabat. Ini perlu dievaluasi, berikan kepada yang berhak menerimanya," terang Zola.

Orang nomor satu di Provinsi Jambi tersebut juga meminta kepada bupati/walikota untuk menindak tegas bagi yang meminta imbalan atau memberikan raskin kepada bukan yang berhak menerimanya.

Dijelaskan Zola, dalam menghadapi era pasar bebas Asia Tenggara (MEA) dewasa ini dibutuhkan dukungan ketahanan pangan yang kokoh untuk menjamin kesejahteraan bagi seluruh warga negara Indonesia guna menjaga daya saing dan stabilitas sosial, terlebih bagi warga ekonomi lemah yang membutuhkan perhatian dan bantuan serta dorongan lebih dari pemerintah.

" Pemerintah Provinsi Jambi pada tahun 2015 yang lalu telah menyalurkan 34.183. 590 kg beras bersubsidi (Raskin) kepada warga yang berhak menerimanya di 11 kabupaten/kota dan tahun 2016 ini akan disalurkan kembali beras raskin kepada 162.779 KK sesuai dengan hasil pendataan warga miskin yang telah dilaksanakan oleh TNP2K bersama Kemenko PMK RI," jelas Zola.

"Saya merasa bangga dengan pencapaian realisasi raskin di Provinsi Jambi yang mencapai angka 100 persen pada tahun 2015 yang lalu. Hal tersebut dapat terjadi karena kerja keras dan kerjasama yang baik diantara seluruh lembaga/instansi yang terkait," sambung Zola.

Selain itu Zola juga menyampaikan ucapan selamat kepada para bupati/walikota yang mendapatkan penghargaan Raskin Award tahun 2015 atas prestasi yang diraih. 

"Saya ucapkan selamat kepada para bupati/walikota yang mendapatkan penghargaan Raskin Award 2015 atas prestasi yang diraih, semoga prestasi tersebut dapat ditingkatkan pada periode berikutnya serta kepada para peraih penghargaan untuk dapat berbagi kesuksesan dengan kabupaten/kota lainnya sebagai pemicu keberhasilan pula pada kabupaten/kota yang belum mencapai prestasi tersebut," tambah Zola.

Sementara itu, Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog yang diwakili Kepala Devisi III Basirun menyampaikan, ada beberapa program Bulog yang berhubungan langsung dengan masyarakat diantaranya pembangunan dibidang logistik melalui pengelolaan persediaan, distribusi dan pengendalian harga beras serta jasa logistik sesuai dengan undang-undang berlaku. "Ketahanan pangan, Bulog harus bisa menstabilkan harga ditengah masyarakat serta bisa menyalurkan hasil pertanian kepada masyarakat maupun pemerintah," jelasnya.

"Dari hasil penilaian Program raskin untuk Provinsi Jambi telah tersalurkan 100 persen sudah berhasil, untuk itu dari penilaian tersebut perlu diberi penghargaan kepada para bupati/walikota yang berhasil membantu program ini," lanjutnya.

Adapun kabupaten/kota yang berhasil mendapatkan penghargaan Raskin/Rastra Award Provinsi Jambi tahun 2016 atas penyaluran raskin tahun 2015 pada penyaluran Kabupaten/kota Se Provinsi Jambi diantaranya adalah Kota Sungai Penuh sebagai juara pertama Raskin Award, Kabupaten Muaro Jambi Juara II, Kabupaten Batanghari juara III, Kabupaten Merangin juara ke IV, Kabupaten Kerinci juara ke V serta Kabupaten Tebo sebagai juara ke VI.

Turut hadir dalam acara ini para unsur Forkompimda Provinsi Jambi, para Bupati/walikota se-Provinsi Jambi, para Kepala Badan/Dinas Biro terkait Provinsi Jambi serta para undangan lainnya.(JP-Sapra Wintani)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos