Home » , » Zola Berharap Taiwan Buat Simulasi Pemadaman Kebakaran Hutan di Jambi

Zola Berharap Taiwan Buat Simulasi Pemadaman Kebakaran Hutan di Jambi

Written By jambipos-online on Wednesday, March 23, 2016 | 5:02 PM


Gubernur Jambi Zumi Zola saat menerima kunjungan investor dari Taiwan di Ruang Rapat Kantor Perwakilan Jambi di Jakarta, Rabu (23/3/2016) pagi.IST


Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, S.TP,MA berharap agar pihak LISHU Biochemical Technology (investor dari Taiwan) mengadakan simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Jambi. Pihak Lishu diharapkan bisa datang ke Jambi untuk memeragakan cara dan teknis penggunaan produk dari perusahaan Lishu, yang digunakan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan, serta memberikan pelatihan kepada Satgas pencegahan Karhutla di Provinsi Jambi, termasuk semua instansi terkait dari Pemerintah Provinsi Jambi.

Harapan itu dikemukakan Gubernur Jambi Zumi Zola saat menerima kunjungan investor dari Taiwan di Ruang Rapat Kantor Perwakilan Jambi di Jakarta, Rabu (23/3/2016) pagi. Inti dari pertemuan tersebut adalah pihak Lishu menawarkan kerjasama untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi dengan menggunakan produk Lishu.

Zola juga mengharapkan supaya produk Lishu bisa memadamkan kebakaran di lahan bambut karena pemadaman kebakaran lahan gambut jauh lebih sulit daripada pemadaman kebakaran di lahan mineral.

Kata Zola, kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi merupakan permasalahan yang sangat serius. Dia telah mengupayakan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, baik melalui bantuan Pemerintah Pusat, koordinasi dengan Forkopimda Provinsi Jambi, maupun sinergi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. 

“Tadi malam pun saya mengikuti rapat dengan Menteri Koordinator Perekonomian dan beberapa orang menteri, membahas pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Provinsi Jambi sangat terbuka untuk melakukan apa yang bisa dikerjasamakan dengan Lishu,” katanya.

“Kerugian Jambi akibat kabut asap pada tahun 2015 sampai Rp12 triliun selama sekitar 3 bulan, dan tentu pertumbuhan perekonomian kami terkoreksi akibat kebakaran hutan dan lahan,” lanjut Zola.

Terkait rencana Lishu untuk memberikan bantuan 1 ton produk material untuk memadamkan kebakaran lahan dan hutan, Zola mengucapkan terimakasih kepada Lishu atas bantuan tersebut, serta mengapresiasi kedatangan Lishu.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, selain saling tukar cinderamata, Zola juga memberikan Kopi AAA kepada pihak Lishu sembari mengatakan bahwa Kopi AAA merupakan salah satu komoditi dari Provinsi Jambi.

Presiden Direktur LISHU Biochemical Technology, Jack Chen menjelaskan bahwa LISHU sudah 19 tahun menghasilkan produk yang ramah lingkungan, dan karena kualitas yang baik serta ramah lingkungan, Lishu sudah banyak mendapat sertifikat.

Jack Chen menyatakan, produk yang dihasilkan Lishu adalah material yang dicampurkan ke air untuk memadamkan kebakaran, baik kebakaran rumah, kebakaran lahan/ladang minyak, dan kebakaran lahan dan hutan.

Dikatakan oleh Jack Chen, Lishu akan memberikan bantuan 1 ton produk mereka sebagai contoh yang bisa digunakan untuk memadamkan kebakaran lahan dan hutan. Meskipun Lishu mengundang Zola ke Taiwan, namun Zola lebih menekankan agar pihak Lishu yang datang ke Jambi. (JP-03/Lee)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos