Home » , » Sembari Belanja, Gubernur Jambi Zumi Zola Cek Harga Komuditi di Pasar Angso Dua Jambi

Sembari Belanja, Gubernur Jambi Zumi Zola Cek Harga Komuditi di Pasar Angso Dua Jambi

Written By jambipos-online on Monday, March 21, 2016 | 12:53 PM

Usai meninjau pembangunan Pasar Angso Duo (baru), Gubernur Jambi H.Zumi Zola,S.TP,MA belanja di Pasar Angso Duo, Minggu (20/3/2016) pagi.

Jambipos Online, Jambi-Usai meninjau pembangunan Pasar Angso Duo (baru), Gubernur Jambi H.Zumi Zola,S.TP,MA belanja di Pasar Angso Duo, Minggu (20/3/2016) pagi. Selain belanja, Zola berbincang langsung dengan para pedagang, untuk menanyakan kondisi harga, terutama harga kebutuhan pangan.

Kemudian Gubernur Jambi Zumi Zola membeli berbagai kebutuhan pangan, yakni sayur, cabai, bawang, beberapa jenis ikan, kerang, jeruk, dan lain-lain.

“Ada informasi, harga-harga naik, tetapi saya cek ke lapangan, ternyata harga turun, harga beras turun Rp500, cabai merah juga turun. Memang ada laporan naik, tapi saya buktikan turun di Pasar Angso Duo ini," ujar Zola.

“Kendalanya mungkin, kalau cabai merah itu, tidak masuk dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan kabupaten lainnya, karena ada banjir, jadi kita tetap mendatangkan dari Jawa," ungkap Zola.

Zola mengatakan, pengecekan harga kebutuhan pangan tersebut sesuai dengan program prioritas pembangunan Provinsi Jambi dibawah kepemimpinannya, salah satunya pertanian.

“Bagaimana pangan ini bisa disuplai dari tanah Jambi sendiri. Memang ada banjir, tetapi kalau ini didukung oleh Tebo, Bungo dan kabupaten-kabupaten lain saya pikir suplainya bisa mencukupi di pasar-pasar se Provinsi Jambi," kata Zola.

Zola minta dukungan dari semua kabupaten/kota agar di daerah masing-masing dialokasikan lahan khusus untuk pangan dan memetakan komoditi pangan yang cocok untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat, seperti cabai, bawang, sayur-mayur, dan sebagainya.

“Kami menunggu itu dari setiap kabupaten/kota. Nanti, kita kerjakan sama-sama, escavator kita adakan, satu escavator satu kecamatan, dan kita minta bantuan juga dari kementerian. Sekarang, start-nya itu harus informasi dari kabupaten/kota. Jangan sampai kita buat program tetapi tidak sesuai dengan kondisi di lapangan, sayang kalau mubajir. Ini sudah saya sampaikan kepada bupati/walikota, kepada camat juga, serta setiap turun ke lapangan seperti panen raya. Mohon cepat disampaikan kepada kami, jadi pemetaan dari Kerinci sampai Tanjung Jabung Timur, apa yang bisa dihasilkan," jelas Zola.

Zola mengemukakan, terkait kenaikan harga-harga juga karena ada permainan. "Ini ada indikasi permainan juga, seperti yang disampaikan oleh pedagang tadi, tiba-tiba harga ayam naik tanpa sebab, tiba-tiba saja tanpa ada apa-apa, ada permainan. Saya minta instansi terkait agar ini bisa dibantu cepat, baik dari Pemprov maupun dari Pemkab/Pemkot se Provinsi Jambi," pungkas Zola. (JP-03) 

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos