Home » , , » SDN 84 Kota Jambi , Banjir Memaksa Siswa Belajar di Ruang Pustaka

SDN 84 Kota Jambi , Banjir Memaksa Siswa Belajar di Ruang Pustaka

Written By jambipos-online on Thursday, February 18, 2016 | 8:37 AM


Ketinggian Debit Air di Sungai Batanghari di Tanggo Rajo Kota Jambi, Senin (14/2/2016). Foto Asenk Lee Saragih


Jambipos Online, Jambi-Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 84 Kota Jambi terpaksa belajar di ruang pustaka karena ruang kelas mereka terendam banjir akibat curah hujan tinggi di wilayah itu. Banjir menggenangi SDN 84 di Kelurahan Payo Selincah itu karena saluran drainase tersumbat disebabkan aktifitas penimbunan untuk bangunan rumah toko di sekitar sekolah, kata Security SDN 84 Kota Jambi, Suyatno, Rabu (17/2/2016).

Dikatakan Suyatno, banjir yang menggenangi sekolah tersebut terjadi setiap tahun terutama saat musim penghujan seperti saat ini.
“Air yang menggenangi sekolah ini biasanya baru surut hingga sepekan kemudian dan kalau hujan terus menerus, maka sekolah ini tergenang dalam waktu lama," kata Suyatno.

Dia mengatakan, jumlah pelajar sekolah tersebut mencapai 800 orang bahkan jam operasionalnya hingga pukul 16.30 WIB, karena memiliki dua sesi yakni masuk pagi dan siang.

Sementara itu, salah seorang guru SD tersebut, Sukmiwati mengatakan, ada lima ruangan kelas yang terendam banjir dan hanya ruang pustaka yang masih bisa digunakan.

“Akibat banjir ini mereka harus belajar dengan sistem gabung, jadi dalam satu ruangan pustaka itu bisa 40 orang siswa," katanya.

Hingga kini, katanya belum ada perhatian dari pihak pemerintah setempat dan juga mereka berharap agar sekolah tempat anak-anak menimba ilmu itu tidak mengalami persoalan kebanjiran lagi.

Menurutnya, jika hujan terjadi setiap hari dengan intensitas tinggi, air yang mengenangi sekolah itu bisa setinggi pinggang orang dewasa. 

Salah satu murid SD, Leo mengatakan, meskipun sekolahnya kebanjiran, dia dan teman-temannya masih tetap bersemangat dan tidak ingin libur. (Ant/Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos