Berita Terbaru

INDEKS BERITA TERBARU

Gubernur Jambi Al Haris Minta Perusahaan Berikan CSR Bangun Jambi

Written By jambipos-online on Kamis, 11 Agustus 2022 | 22:40

Gubernur Jambi Dr H Al Haris SSos MH .

Jambipos, Jambi- Gubernur Jambi Dr H Al Haris SSos MH mengajak Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha (TJSLBU) / Corporate Social Responsibility (CSR) bersama sama bersinergi dalam membangun Jambi, karena Pemerintah Provinsi Jambi tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dan kerja sama dari berbagai elemen, termasuk dukungan pihak swasta, BUMN, dan BUMD.

Hal tersebut dikatakan Al Haris pada Pengukuhan Kepengurusan Forum TJSLBU/CSR Provinsi Jambi Masa Bakti 2022-2027, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (11/08/2022).

Al Haris menyampaikan, negara menciptakan Forum CSR sebagai gabungan seluruh perusahan perusahan baik itu BUMD dan BUMN, yang berada di daerah tidak hanya memikirkan perusahaan saja untuk maju, tetapi juga harus memperhatikan lingkungan sekitar.

“Perusahaan yang berada pada suatu wilayah harus memikirkan kesejahteraan masyarakat disekitarnya, perusahaan harus memperhatikan kesejahteraan sosial, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan lingkungan sehingga membantu perekonomian masyarakat sekitar,” ujar Al Haris.

Al Haris menjelaskan, Provinsi Jambi memiliki cukup banyak perusahan perusahan besar, ada juga yang berkantor di luar Provinsi Jambi, tetapi perusahannya berada di Jambi dan belum saling mengenal antara satu dengan yang lain.
“Dengan adanya forum CSR ini, semua perusahan yang ada di Jambi ikut berkontribusi memikirkan masyarakat, dari segala bidang, terutama kesejahteraan serta membina pelaku UMKM agar mereka bisa terangkat kesejahteraannya,” jelas Al Haris.

Lebih lanjut, Al Haris mengharapkan melalui wadah Forum CSR ini menjadi salah satu faktor penting keberhasilan implementasi CSR dalam bentuk keterlibatan seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) dalam pelaksanaan program-program CSR yang melangkah selaras dengan program pemerintah.

“Bagi perusahaan yang belum masuk dalam forum ini, mari kita ajak untuk bergabung, agar pembangunan di Provinsi Jambi bisa kita kalaborasikan bersama, sehingga forum ini mempunyai andil besar dalam pembangunan, karena di Provinsi Jambi masih banyak warga yang kurang mampu membutuhkan bantuan kita bersama,” harap Al Haris.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, saya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus Forum CSR Provinsi Jambi Masa Bakti 2022 – 2027 yang baru saja dikukuhkan. Saya mengharapkan kepengurusan yang baru  dapat lebih mendorong serta memiliki daya rangkul yang kuat antara Badan Usaha serta masyarakat, agar bersinergi dengan pemerintah ikut membantu dalam menjalankan tanggung jawab serta berkontribusi secara optimal dalam meningkatkan pembangunan sosial yang berdaya guna meningkatkan kesejahteraan umat dan masyarakat di berbagai bidang,” tutup Al Haris.

Ketua Umum CSR Provinsi Jambi, Dr.H.Yunsak El Halcon,S.H.,M.Si., mengemukakan, forum ini siap dan bertekad untuk berkolaborasi dalam membantu Pemerintah Provinsi Jambi dalam pembangunan sesuai dengan visi dan misi serta program kerja pembangunan Provinsi Jambi. “Kami mengharapkan forum dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan menjadi salah satu akselerator pembangunan dan kemajuan Provinsi Jambi,” kata El Hacon. (JP-Sapra Wintani/DiskominfoProvJambi)
















Lamsiang Sitompul Minta Kapolri Minta Maaf Secara Institusi Soal Pembunuhan Brigpol Nopriansyah Yoshua Hutabarat

Ketua Umum HBB Lamsiang Sitompul SH MH (kedua dari kanan)  ikut mendampingi tim kuasa hukum keluarga Brigpol Yosua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak CS saat mendatangi Bareskrim Polri, Jakarta Selatan pada Senin (18/7/2022) lalu.

Jambipos, Medan
-Ketua Umum Organisasi masyrakat (ormas) Horas Bangso Batak (HBB) Lamsiang Sitompul SH MH meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta maaf secara institusi Polri atas kasus pembunuhan Brigadir Polisi Nopriansyah Yoshua Hutabarat dalam menjalankan tugas. Kapolri juga diminta untuk memulihkan harkat dan martabat serta nama baik Almarhum Brigadir Polisi Nopriansyah Yoshua Hutabarat.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga diminta untuk memberikan penghargaan kenaikan pangkat setingkat kepada Brigadir Polisi Nopriansyah Yoshua Hutabarat karena gugur dalam melaksanakan tugas pengawalan komandannya Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Demikian dikatakan Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH di Medan, Kamis (11/8/2022) pagi menanggapi permintaan kuasa hukum keluarga Samuel Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak soal permintaan dengan segala hormat kepada Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo (Jokowi) agar kiranya dapat memberikan perhatian penuh terhadap keluarga korban Brigadir Joshua Hutabarat sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa almarhum Brigadir Yosua yang telah berani mengorbankan nyawanya untuk mengungkap fakta kebenaran demi menjaga nama baik institusi Polri.

“Kapolri selaku kepala dari Institusi Polri juga harus ikut bertanggungjawab secara moral atas perlakuan anak buahnya yang melakukan pembunuhan berencana kepada anggota Polri. Kapolri harus meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas terjadinya kasus Brigpol Yosua ini,” ujar Lamsing Sitompul. 

Menurut Lamsing Sitompul, Presiden Jokowi dan Kapolri juga harus mengurangi kepedihan keluarga Almarhum Yosua dengan memberikan penghargaan dan kompensasi.

Sebelumnya ormas HBB juga mengapresiasi kinerja Tim Khusus Mabes Polri yang dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam pengungkapan kasus pembunuhan Brigpol Nofriansyah Yosua Hutabarat, di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022) lalu. Kini Tim Khusus Mabes Polri telah menetapkan empat tersangka termasuk Irjen Ferdy Sambo.

HBB juga mengapresiasi Tim Khusus Penyidik Mabes Polri, Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto, yang juga mantan Kapolda Sumut ini yang “berani” dan tegas dalam mengungkap puluhan anggota Polri yang terlibat dalam kasus ini. 
Lamsiang Sitompul SH MH pada pelantikan Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi Periode 2019-2024-Gedung Asiniroha Jambi-Minggu 24 November 2019. (Foto Jambipos/Asenk Lee Saragih)





Sebelumnya Kamaruddin Simanjuntak mengatakan, terungkapnya dalang pembunuhan berencana yang dilakukan beberapa oknum kepolisian yang tidak berprikemanusiaan terhadap korban Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat, meminta Presiden Jokowi mengangkat Brigadir Yosua sebagai Pahlawan Kepolisian RI.

Kamaruddin Simanjuntak meminta dengan segala hormat kepada Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo (Jokowi) agar kiranya dapat memberikan perhatian penuh terhadap keluarga korban Brigadir Joshua Hutabarat sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa almarhum Brigadir Joshua yang telah berani mengorbankan nyawanya untuk mengungkap fakta kebenaran demi menjaga nama baik institusi Polri.

"Kiranya Presiden RI perlu mengambil sikap dan tindakan pada acara perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 77 tahun dengan memberikan penghargaan terhadap jasa almarhum Brigadir Yosua,” ungkap Kamaruddin Simanjuntak kepada wartawan, Rabu (10/8/2022).

Adapun beberapa permintaan yang dilontarkan langsung oleh Kamaruddin Simanjuntak bersama dengan team yakni :

1. Memulihkan harkat dan martabat serta nama baik Almarhum Brigadir Polisi Nopriansyah Yoshua Hutabarat.

2. Mengangkat Almarhum Brigadir Polisi Nopriansyah Yoshua Hutabarat sebagai Pahlawan Kepolisian RI yang gugur dalam tugas, rela berkorban untuk mengungkap kebobrokan POLRI, sehingga perlu merevolusi Polri agar menjadi penegak hukum yang humanis dan berwibawa serta disegani dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat Indonesia dengan tulus dan ikhlas.

3. Memberi konpensasi materil dan immateril kepada Orangtua dari Almarhum Brigadir Polisi Nopriansyah Yoshua Hutabarat.

Berdasarkan keterangan Polri, telah menetapkan empat (4) orang tersangka pelaku pembunuhan Brigpol Yosua, mereka yakni Bharada Richard Eliezer (E), Brigadir Ricky Rizal (RR) dan Kuwat Maruf (KM) selaku supir pribadi Putri Chandrawati, serta Irjen Pol Ferdy Sambo (FS).

Bharada E disangkakan Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 dan 56. Sementara itu, Brigadir RR disangkakan Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 dan 56. Selain itu KM juga disangkakan dengan pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 dan 56. Dan perkara tindak pidana yang dilakukan oleh Irjen Pol FS tercantum dalam Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 Jo Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP yakni hukuman mati. (JP-Asenk Lee Saragih)


Gubernur Jambi Al Haris: Piala Santri Ajang Pencarian Talenta Berbakat

Written By jambipos-online on Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:19

Gubernur Jambi Al Haris: Piala Santri Ajang Pencarian Talenta Berbakat.

Jambipos, Jambi-Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., menyatakan, penyelenggaraan Liga Santri PSSI Tahun 2022 merupakan salah satu ajang pencarian talenta berbakat dalam bidang olahraga sepakbola di Provinsi Jambi.

Hal tersebut dinyatakan Al Haris saat membuka Liga Santri Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Piala KASAD Tahun 2022, bertempat di Stadion Tri Lomba Juang, Koni Provinsi Jambi, Rabu (10/08/2022).

“Liga santri ini merupakan ajang pencarian talenta berbakat sepakbola di Provinsi Jambi, tentunya kita mengucapkan terima kasih kepada Bapak Danrem 042/ Garuda Putih atas terselenggaranya liga santri ini. Kita mensupport serta mendoakan supaya penyelenggaraan berjalan lancar dan sukses, sehingga nantinya muncul pesepakbola handal yang dapat mengharumkan nama Provinsi Jambi di kancah nasional dalam bidang olahraga sepakbola,” ujar Al Haris.

Al Haris mengatakan, penyelenggaraan Piala KASAD khusus bagi santri di Provinsi Jambi ini merupakan salah satu bentuk perhatian besar dalam mengembangkan bakat para santri, khususnya pada bidang olahraga sepakbola. “Kita mengharapkan, melalui pertandingan ini lebih memperkuat tali silahturahmi antar santri di Provinsi Jambi dan menjadikan para santri sebagai insan yang cerdas serta menjadi salah satu agen perekat persatuan bangsa,” kata Al Haris.

Pada kesempatan ini, Al Haris juga mengajak para santri untuk gemar berolahraga guna mendukung program Pemerintah Pusat yaitu gerakan memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Para santri harus gemar dalam berolahraga, karena olahraga ini bukan hanya untuk menyalurkan hobi, namun untuk menumbuhkan jiwa sportivitas dan nasionalisme.

Al Haris menegaskan, Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga guna lebih mempromosikan dan mengharumkan nama Provinsi Jambi. Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya membangun berbagai fasilitas olahraga guna lebih meningkatkan prestasi Provinsi Jambi, salah satunya adalah dalam waktu dekat akan membangun kawasan Sport Center di Kabupaten Muaro Jambi. (JP-Diskominfo Provinsi Jambi/Dandy)
















Al Haris Apresiasi Capaian Pembangunan Pemkab Tanjab Barat

Gubernur Jambi  Al Haris saat menghadiri Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 57 Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2022, bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kuala Tungkal, Rabu (10/08/2022).

Jambipos, Tanjabar- Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., memberikan apresiasi terhadap berbagai capaian pembangunan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat sampai saat ini dan kedepannya lebih meningkatkan pembangunan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Al Haris saat menghadiri Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 57 Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2022, bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kuala Tungkal, Rabu (10/08/2022).

“HUT ini merupakan momentum untuk evaluasi dan introspeksi pembangunan yang telah dilaksanakan, sejauh mana realisasi program pembangunan itu bisa meningkatkan perekonomian, kemajuan, dan daya saing daerah, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” ujar Al Haris.

“Dari evaluasi dan introspeksi tersebut, hal-hal yang kurang harus diperbaiki, sedangkan yang baik harus terus dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi, sehingga capaian capaian pembangunan kedepannya lebih meningkat. Untuk itu, Pemerintah dan DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta semua pemangku kepentingan harus bisa bersinergi dan memaksimalkan segala potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” lanjut Al Haris.
Al Haris menuturkan, setiap daerah pasti menghadapi berbagai keterbatasan, termasuk keterbatasan anggaran yang sangat mempengaruhi pembangunan, namun dengan bersinergi, efektivitas, efisiensi, dan percepatan pembangunan akan bisa lebih meningkatkan proses pembangunan secara signifikan.

“Saya mengajak Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, karena sesungguhnya keberadaan kita selaku Pemerintah adalah untuk pelayanan publik dalam semua sektor. Saya juga mengharapkan agar Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat bisa mengadakan dan menghadirkan berbagai inovasi untuk mendukung pembangunan dan kemajuan daerah,” tutur Al Haris.

Al Haris menyatakan Pemerintah Provinsi Jambi terus mendorong peningkatan pembangunan dan kemajuan seluruh Kabupaten dan Kota se Provisni Jambi, baik pembangunan fisik, maupun pembangunan non fisik, misalnya dalam memperkuat sentra pertanian, Pemerintah Provinsi Jambi melakukakan pengembangan dan pemeliharaan jaringan irigasi Suban. Pembangunan irigasi ini merupakan upaya untuk mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan, yang juga berdampak terhadap perekonomian masyarakat dan daerah.

Al Haris menerangkan, untuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Pemerintah Provinsi Jambi telah melakukan penanganan jalan ruas Sungai Saren – Teluk Nilau – Parit 10 (Senyerang), peningkatan kualitas lingkungan melalui pembangunan Prasarana Sarana Utilitas (PSU) di beberapa lokasi pemukiman di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Kita juga telah bekerja sama untuk melakukan restorasi dan penanaman mangrove di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan, yakni memperbaiki ekosistem perairan laut. Penanaman mangrove bermanfaat untuk menyerap gas karbon dioksida, penghasil oksigen, dan tempat hidup biota laut seperti ikan kecil untuk berlindung dan mencari makan, dimana penanaman mangrove berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan nelayan,” terang Al Haris.

Lebih lanjut, Al Haris mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi bersinergi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten termasuk Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, TNI dan Polri, serta seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat berupaya keras untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

“Jika terjadi kebakaran supaya segera dipadamkan dan dikendalikan, dimana pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan ini sangat penting dan mempunyai dampak besar terhadap kehidupan masyarakat,” ungkap Al Haris. (JP-DiskominfoProvJambi/Maria)










Samuel Hutabarat: Kami Menunggu Kejujuran Ferdi Sambo, Apa Sebenarnya Motif Pembunuhan Anak Kami Yosua


Jambipos, Muarojambi-
Samuel Hutabarat meminta kejujuran Irjen Ferdy Sambo soal motif pembunuhan anaknya Brigadir Polisi Nofriyansyah Yosua Hutabarat di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo Jumat 8 Juli 2022 lalu. Pihak keluarga Yosua juga masih menunggu hasil pemeriksaan Tim Khusus Mabes Polri soal motif pembunuhan anak mereka Yosua.

Soalnya cerita Bgrigpol Yosua Hutabarat selama ini kepada keluarga, tidak ada yang aneh-aneh soal keluarga Irjen Ferdy Sambo dan istri sebagai tempatnya berdinas. Keluarga berharap Irjen Ferdy Sambo jujur soal motif pembunuhan anak mereka Yosua.

Hal itu diungkapkan Samuel Hutabarat (ayah Mendiang Yosua) kepada wartawan di kediamannya di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Muarojambi, Provinsi Jambi, usai menyaksikan di lewat layar televisi jumpa pers Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Tim Khusus saat mengumumkan FS sebagai tersangka baru dalam kasus tewasnya Brigpol Yosua, Selasa (9/8/2022) petang.

“Kami memohon kepada Pak Ferdy Sambo terbuka kepada penyidik, apa motif terjadinya semua ini. Sejak dari awal kami tidak menduka adanya kejadian ini. Soalnya anak kami Yosua tidak pernah bercerita tentang pahit, selalu bercerita yang enak soal keluarga Ferdy Sambo kepadanya. Kami memohon kepada bapak Ferdy Sambo apa motifnya,” ujar Samuel Hutabarat.

“Kepada ibu Putri, kiranya ibu Putri jangan bersembunyi dibalik layar. Tampillah kepermukaan. Sekarang Polisi sudah menetapkan bapak Ferdy Sambo sebagai tersangka. Jangan lagi sembunyi. Jujurlah kepada penyidik. Kita keluarga besar menyerahkan sepenuhnya kepada penyidik dan kuasa hukum kami untuk mengawal kasus ini. Kiranya hukum ditegakkan seadil adilnya. Jangan tumpul ke atas, tajam ke bawah,” kata Samuel Hutabarat.

Samuel Hutabarat juga menceritakan kondisi istrinya Rosti Simanjuntak (Ibunda Yosua) yang mengalami syok karena mengetahui bahwa anaknya Yosu meninggal karena dibunuh bukan tembak menembak seperti yang dikabarkan kepada keluarga saat menerima jenazah Yosua Sabyu 9 Juli 2022 lalu. 

“Ibunda Yosua syok mendengar jumpa pers Kapolri. Dia tidak menyangka kalau anaknya meninggal karena dibunuh atas perintah atasannya FS. Ibu sekarang lagi menjalani perawatan, berobat jalan dan didampingi keluarga,” ujar Samual Hutabarat. 

“Celakalah mereka yang menentukan ketetapan-ketetapan yang tidak adil, dan mereka yang mengeluarkan keputusan-keputusan kelaliman, untuk menghalang-halangi orang-orang lemah mendapat keadilan dan untuk merebut hak orang-orang sengsara di antara umat-Ku, supaya mereka dapat merampas milik janda-janda, dan dapat menjarah anak-anak yatim! 

Apakah yang akan kamu lakukan pada hari penghukuman, dan pada waktu kebinasaan yang datang dari jauh? Kepada siapakah kamu hendak lari minta tolong, dan di manakah hendak kamu tinggalkan kekayaanmu? 

Tak dapat kamu lakukan apa-apa selain dari meringkuk di antara orang-orang yang terkurung, dan tewas di antara orang-orang yang terbunuh! Sekalipun semuanya ini terjadi, murka TUHAN belum surut, dan tangan-Nya masih teracung. Yesaya 10 :1-4. Firman Tuhan ya dan amin bagi orang-orang yang berseru dan berharap kepada Nya. Tersenyum lah kamu nakku dari Sorga karena keadilan sudah kita dapatkan,” tulis Roslin Emika Simanjuntak bersama Rohani Simanjuntak, adik dari Rosti Simanjuntak.

Terpisah, Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, kepolisian masih mendalami motif Irjen Ferdy Sambo membunuh Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat. Namun Mahfud mengatakan bahwa motif Sambo sensitif dan hanya boleh didengar oleh orang dewasa.

“Soal motif, biar nanti dikonstruksi hukumnya karena itu sensitif, mungkin hanya boleh didengar oleh orang-orang dewasa," kata Mahfud, Selasa (9/8/2022) malam.

Sementara Ketua Umum Ormas Horas Bangso Batak (HBB) Lamsiang Sitompul SH MH menduga motif kasus pembunuhan Brigpol Yosua oleh FS karena adanya soal perselingkuhan FS yang diketahui Brigpol Y. 

“Dari awal kita bersama tim pengacara keluarga Yosua, Kamaruddin Simanjuntak dan kawan-kawan sudah menduga dan meyakini bahwa penyebab kejadian adalah karena FS ketahuan selingkuh dan akhirnya ribut dengan ibu. Sehingga FS marah kepada Yosua karena dianggap dia yang memberitahukan akhirnya disiksa dan dibunuh. Dari screenshot Tiktok Barada E ternyata apa yang menjadi dugaan kita hampir persis sama,” ujar Lamsing Sitompul.

Meninggal Tak Wajar 

Seperti diberitakan sebelumnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat meninggal tak wajar di Rumah Dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo pada Jumat 8 Juli 2022 pukul 17.00 WIB. Jenazah Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat telah dikebumikan di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Muarojambi, Provinsi Jambi, Senin (11/7/2022).

Kemudian pengangkatan jenazah atau ekshumasi Brigpol Nopryansah Yosua Hutabarat di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Muarojambi, Provinsi Jambi, telah dilakukan Rabu (27/7/2022) pagi.

Sebelum proses ekshumasi, dilakukan doa bersama yang dihadiri seluruh keluarga Samuel Hutabarat/Rosti Simanjuntak, Bripda Reza Hutabarat (adik almarhum), tim kuasa hukum keluarga Kamaruddin Simanjuntak, Nelson Simanjuntak, Martin Lukas Simanjuntak, Jhonson Panjaitan, Mansur Febrian, dan keluarga besar PBB Jambi serta pihak kepolisian yang hadir.

Usai proses ekshumasi dilanjutkan autopsi ulang jenazah Brigadir Yoshua di RSUD Sungai Bahar, Muarojambi, Provinsi Jambi, Rabu (27/7/2022) hingga Pukul 13.00 WIB. Autopsi ulang melibatkan sejumlah dokter forensik dari berbagai rumah sakit dan universitas yang dipimpin oleh Kepala Departemen Forensik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Ade Firmansyah Sugiharto.

Meninggal tak wajar Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat telah menyita perhatian publik sejak Senin (11/7/2022) hingga Rabu 10 Agustus 2022, baik di media massa maupun sosial media. 

Kini tersangka dalam kasus pembunuhan Brigpol Yosua sudah ditetapkan empat orang yakni Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu, Brigadir Ricky Rizal, KW dan Irjen Ferdy Sambo. Keempat tersangka kini telah ditahan guna pemeriksaan lebih lanjut. (JP-Asenk Lee Saragih)

Komisi III DPRD Kota Jambi Ajak Dinas PUPR Provinsi Jambi Ambil Solusi Mengatasi Banjir di Kota Jambi

Wakil Ketua DPRD Kota Jambi, Pangeran HK Simanjuntak SE Msi .

Jambipos, Jambi-Komisi III DPRD Kota Jambi bersama Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Jambi Sumber Daya Air (SDA) mengajak Dinas PUPR Provinsi Jambi dalam menanggulangi banjir di Kota Jambi. Persoalan banjir di Kota Jambi hingga kini belum teratasi dengan baik, sehingga dibutuhkan kerjasama dan sinergai antar dinas terkait.

Hal itu diungkapkan Koordinator Komisi III DPRD Kota Jambi sekaligus Wakil Ketua DPRD Kota Jambi, Pangeran HK Simanjuntak SE Msi didampingi Ketua Komisi III Saiful SH saat melakukan audiensi Komisi III DPRD Kota Jambi bersama Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Jambi Sumber Daya Air (SDA) ke Dinas PUPR Provinsi Jambi yang langsung diterima oleh Kadis PUPR Provinsi Jambi Ir M Fauzi MT didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, Wasis Sudibya, ST dan pejabat lainnya, Rabu (10/08/2022).

“Kami dari Komisi III DPRD Kota Jambi bersama Dinas PUPR Kota Jambi Bidang SDA melakukan audiensi terkait Pengelolaan Sumber Daya Air dalam Penanganan Banjir di Kota Jambi,” ujar Pangeran Simanjuntak yang merupakan kader NasDem ini.

“Pengendalian dan Penanganan Banjir Daerah Aliran Sungai agar optimal harus menerapkan Pengelolaan Banjir Terpadu dari hulu hingga hilir. Dengan menerapkan kombinasi strategi dan melibatkan seluruh stakeholder sesuai dengan kewenangannya. Mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota hingga masyarakat,” katanya.

Disebutkan, dengan komitmen bersama sesuai kewenangannya, Dinas PUPR Provinsi Jambi berjanji akan memasukkan program penanganan banjir di beberapa titik banjir ke dalam APBD Perubahan Provinsi Jambi TA 2022. “Semoga dapat direalisasikan,” singkat Pangeran Simanjuntak. (JP-Asenk Lee Saragih)
Komisi III DPRD Kota Jambi bersama Pejabat Dinas PUPR Kota Jambi Bidang SDA audensi ke Dinas PUPR Provinsi Jambi yang langsung diterima oleh Kadis PUPR Provinsi Jambi Ir M Fauzi MT didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, Wasis Sudibya, ST dan pejabat lainnya, Rabu (10/08/2022). (Foto: Jambipos/IST)

Komisi III DPRD Kota Jambi bersama Pejabat Dinas PUPR Kota Jambi Bidang SDA audensi ke Dinas PUPR Provinsi Jambi yang langsung diterima oleh Kadis PUPR Provinsi Jambi Ir M Fauzi MT didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, Wasis Sudibya, ST dan pejabat lainnya, Rabu (10/08/2022). (Foto: Jambipos/IST)



Gubernur Jambi Al Haris Motivasi Mahasiswa Unja Hadapi Era 4.0

Written By jambipos-online on Selasa, 09 Agustus 2022 | 19:59

Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.Hsaat menjadi Narasumber Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKK-MB) UNJA, bertempat di Balairung Universitas Jambi, Mendalo Darat, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (09/08/2022). 

Jambipos, Muarojambi-Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., memberikan motivasi secara langsung mahasiswa baru Universitas Negeri Jambi (UNJA) dalam menghadapi dan menyikapi era teknologi 4.0. Hal tersebut disampaikan Al Haris saat menjadi Narasumber Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKK-MB) UNJA, bertempat di Balairung Universitas Jambi, Mendalo Darat, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (09/08/2022).

Al Haris menuturkan, ada 3 poin kunci sukses dalam menghadapi era 4.0 yaitu ilmu pengetahuan, skill dan attitude. Para mahasiswa harus memiliki ilmu pengetahuan yang cukup mumpuni, selain itu juga harus mempunya skill yang cukup sehingga kedepannya bisa menghadapi era revolusi 4.0, setelah kedua itu terpenuhi yang paling terpenting yaitu attitude yang baik karena sikap ini juga akan menentukan keberhasilan.

“Saya yakin para generasi muda khususnya anak muda Jambi memiliki sikap yang baik sehingga kedepan kita akan punya lulusan yang memiliki ilmu pengetahuan cukup baik, skill yang mumpuni dan attitude yang baik pula, khususnya para mahasiswa UNJA,” tutur Al Haris.
“Saya sebagai Alumni UNJA sangat bangga sekali karena para alumninya sudah banyak tersebar dimana saja dan memiliki kompetensi yang berkualitas. Saya mengharapkan, para mahasiswa baru ini nantinya memiliki sumber daya manusia yang berkualitas kedepannya sehingga UNJA terus berkontribusi dalam menghasilkan sumber daya manusia berkualitas bagi Provinsi Jambi,” lanjut Al Haris.

Al Haris mengatakan, untuk masuk menjadi mahasiswa di UNJA yang merupakan salah satu universitas terbaik di Provinsi Jambi tidaklah mudah, karena persaingan dalam ujian masuk UNJA sangat ketat sekali, dimana jumlah yang mendaftar mencapai lebih kurang 25 ribu orang sedangkan UNJA hanya menerima 6 ribu orang mahasiswa saja.

“Jadi, dalam upaya menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, UNJA telah benar benar melakukan seleksi ketat bagi para mahasiswanya, dimana nantinya para mahasiswa akan ditempa dan didik menjadi generasi penerus kedepannya dan mampu berkompetisi di dunia nyata,” kata Al Haris.

Lebih lanjut, Al Haris mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru yang akan menempuh studi di UNJA, menjadi mahasiswa membutuhkan ketekunan agar bisa mencapai intelektual, kecerdasan emosional terasah serta dapat belajar keragaman yang ada di Jambi. 

“Selamat buat teman-teman yang kuliah di UNJA mudah-mudahan bisa belajar dengan rajin dan tekun, selalu minta restu dari orang tua, selalu hormat terhadap para dosen, sehingga bisa menjadi generasi muda yang intelektual, memiliki kecerdasan emosional dan mudah-mudahan bisa belajar keragaman dari keberagaman yang ada di Provinsi Jambi,” tutup Al Haris. (JP-DiskominfoProvJambi)
















Twitter Jambipos.com

Berita Lainnya

Mari Bergabung

Jurus Sakti KPK Itu Bernama OTT

Jurus Sakti KPK Itu Bernama OTT
KLIK GAMBAR UNTUK NEWS SELENGKAPNYA

Kode Etik Jurnalistik

Kode Etik Jurnalistik
Pahami dan Taati. KLIK Gambar Selengkapnya

Jambi: Niat Bangun Stadion Internasional Belum Ada

Jambi: Niat Bangun Stadion Internasional Belum Ada
Klik Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Ragam Berita

Daniel Sijan Pendiri Jambipos

Daniel Sijan Pendiri Jambipos
Tokoh Pers Jambi

Pengurus PWI Provinsi Jambi Periode 2017-2022

Pengurus PWI Provinsi Jambi Periode 2017-2022
KLIK Benner Daftar Pengurusnya
 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA