Home » » Zola: Perhatian Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Harus Maksimal

Zola: Perhatian Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Harus Maksimal

Written By jambipos-online on Monday, April 4, 2016 | 1:07 PM


Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, S.TP,MA mengemukakan, perhatian dan dan pelayanan bagi anak-anak berkebutuhan khusus harus dimaksimalkan. Pemerintah dan semua pihak terkait harus memberikan perhatian yang maksimal bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Hal itu dinyatakan oleh Zumi Zola dalam Peringatan Hari Kesadaran Autisme Internasional dan HUT ke-32 SLB Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH, bertempat di Aula SLB Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH, Telanaipura, Kota Jambi, Sabtu (2/4/2016) siang.

Untuk itu, berkaitan dengan kebutuhan SLB Sri Soedewi Masjchun Sofwan tersebut, Zola mengatakan agar pihak SLB menyampaikan apa yang dibutuhkan oleh SLB kepada Pemerintah Provinsi Jambi, dan SKPD terkait di Pemerintah Provinsi Jambi akan berusaha menindaklanjutinya.

Zola mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh guru dan pengelola SLB yang telah bekerja sungguh-sungguh, memberikan perhatian, kasih saying, dedikasi, dan komitmen untuk tumbuh kembang anak-anak berkebutuhan khusus. 

Zola pun mengakui bahwa untuk mendidik dan mengasuh anak-anak berkebutuhan khusus, dibutuhkan kesabaran dan kecerdasan khusus. “Ini menjadi pekerjaan yang sangat mulia,” sebut Zola.

Zola mengemukakan, setiap anak memiliki keterampilan masing-masing, bahkan mungkin keistimewaan, yang perlu diasah.

Zola mengungkapkan, dia sangat senang dan bangga bisa hadir dalam acara tersebut, dan sebagai salah satu wujud kegembiraannya, dia membawa serta istri dan anaknya.

Zola menceritakan, saat menyaksikan Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016, seorang remaja putri memanggilnya, dan saat dirinya menoleh ke belakang, dia mengingat remaja putri yang tidak memiliki tangan tersebut adalah Nurul. 

Zola mengatakan, dirinya pernah mengikuti acara dengan anak berkebutuhan khusus kala orangtuang, H.Zulkifli Nurdin menjabat Gubernur Jambi, dan saat itulah dia kenal dengan Nurul, yang ketika itu masih SD. Zola mengungkapkan, dirinya sangat terenyuh melihat Nurul, yang menulis sepucuk surat kepadanya dengan menggunakan kaki.

Zola mengapresiasi berbagai prestasi yang pernah ditorehkan oleh anak-anak berkebutuhan khusus di SLB Sri Soedewi MS Jambi. “Kita tunggu prestasi-prestasi selanjutnya,” harap Zola.

Seperti yang sudah sering dikemukakannya dalam berbagai kesempatan, Zola juga memohon doa dan dukungan agar dia dan Wakil Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi dengan baik dan amanah.

Pada kalimat akhir sambutannya, Zola mengucapkan “Saya sayang kepada kamu semua. Terimakasih,” ujar Zola dengan menggunakan bahasa tubuh untuk orang berkebutuhan khusus.

Kepada para wartawan yang mewawancarainya, Zola kembali mengemukakan agar pihak SLB mengajukan apa yang dibutuhkan kepada Pemerintah Provinsi Jambi, “Apa yang dibutuhkan, silahkan ajukan ke Pemprov, apa yang dubutuhkan oleh SLB ini akan coba kita support melalui Dinas Pendidikan. Selama ini, prestasi anak-anak kita luar biasa, prestasinya bukan hanya di tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional. Mereka sangat butuh dukungan dan bimbingan. Insyaallah kita akan coba support, sesuai dengan kewenangan kita,” jelas Zola.

“Saya percaya anak-anak kita ini punya bakat dan keistimewaan yang nantinya bisa menjadi kebanggan Provinsi Jambi,” tutur Zola.

Ketua Yayasan SLB Sri Soedewi MS Jambi, Hj. Sherrin Tharia Zola, dalam sambutannya mengharapakn agar dengan peringatan kesadaran autisme ini, perhatian terhadap anak-anak berkebutuhan khusus semakin baik.

Sherrin Tharia menekankan, kisah 2 orang tokoh besar dunia, Albert Einstein dan Thomas Alfa Edison, Einstein yang mengidap sindrom asberger dan Thomas Alfa Edison yang sering dicap bodoh di sekolah, merupakan pembuktian bahwa autis bukan berarti bodoh atau tidak mampu, tetapi bakat dan potensi anak harus dikenali dengan baik. Bahkan, Einstein dan Thomas Alfa Edison dikenal sebagai jenius dan penemu.

Untuk itu, Sherrin Tharia mengajak orangtua dan anak serta pembimbing anak-anak berkebutuhan khusus untuk lebih jeli lagi mengenali bakat dan potensi anak.

Sebagai ketua yayasan, Sherrin menyatakan akan berusaha untuk terus mengembangkan SLB ini lebih baik lagi.

Kepala Sekolah SLB Sri Soedewi MS, Solbi, S.Pd, M.Pd, dalam laporannya menyampaikan, acara ini merupakan momen spesial karena baru kali ini dihadiri oleh Gubernur Jambi dan istri, kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Sekda Kota Jambi mewakili Kota Jambi, yang mewakili Kapolda Jambi, dan yang mewakili Danrem 042/Garuda Putih.

Solbi mengatakan, anak-anak berkebutuhan khusus diajari dan dibimbing agar mandiri, mulai dari hal-hal kecil, seperti memakai baju dan sepatu.

Solbi menyatakan SLB Sri Soedewi tersebut memiliki 466 anak didik, mulai dari jenjang SDLB sampai jenjang SMALB.

Dikatakan oleh Sobmi, kurikulum SLB lebih fleksibel, artinya lebih disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik anak-anak didik. 

Dalam rangka peringatan HUT ke-32 SLB tersebut, lanjut Solbi, didatangkan Dr. Juang Sunanto, pakar bidang anak berkebutuhan khusus dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, untuk berbagi wawasn dengan para guru dan pembimbing anak-anak berkebutuhan khusus di SLB Sri Soedewi MS Jambi.

Solbi menghimbau seluruh pihak agar memberikan perhatian dan kepedulian bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Sutrisno menyampaikan semacam informasi singkat tentang penanganan anak berkebutuhan khusus.

Pembina anak berkebutuhan khusus yang telah 17 tahun membina anak berkebutuhan khusus ini pada intinya menyatakan bahwa anak-anak berkebutuhan khusus harus mendapatkan perhatian dan perlakuan khusus, dari berbagai pihak, termasuk dari pemerintah.

Beberapa Penampilan dan prestasi dari Anak-anak Berkebutuhan Khusus

Pada kesempatan tersebut, anak-anak berkebutuhan khusus menampilkan tarian, menyanyi, dan pantomim. Tarian kolaborasi dengan puisi dan lagu daerah Jambi berjudul Tumbuk Tebing dan lantuan angklung, keybord, dan drum. 

Juga, ada tampilan pantomim, dan menyanyi. Semua penampilan tersebut membuat para undangan terharu. Bahkan, tidak sedikit dari undangan yang menyaksikan penampilan anak-anak berkebutuhan khsus tersebut dengan meneteskan air mata atau dengan mata berkaca-kaca.

Selain itu, dibacakan prestasi yang diraih oleh anak-anak berkebutuhan khusus SLB Dri Soedewi MS Jambi, yakni :

1. Medali Emas pada Special Olympics World di Los Angeles, Amerika Serikat 25 Juli sampai 2 Austus 2015 untuk cabang renang, atas nama Anggi Afriansyah. Anggi mendapatkan bonus Rp200 juta dari Kemenpora

2. Juara I nasional Lomba Hantaran pada ajang Gebyar PKLK Tingkat Nasional yang dislenggarakan di Padang pada November 2015, atas nama Serina Ayu Andini

3. Juara I Desain Grafis Tingkat Nasional pada ajang Festival Seni Siswa Nasional FLS2N Tingkat SMALB di Semarang tahun 2014, atas nama Dedi Leo

4. Medali Emas dan Perak pada kejuaraan Aspac Regional Games 2013 di Australia cabang renang, atas nama Silmiah (emas) dan Mehera Dhopi (perak)

5. Juara harapan I Desain Grafis Tingkat Nasional pada FLS2N di Palaebang tingkat SMALB pada Agustus 2015, atas nama Tris Fillia

6. Juara Harapan I Menyanyi Solo Tingkat Nasional pada FLS2N Tingkat SMALB yang dilaksanakan di Palembang pada Agustus 2015, atas nama Fitri Mulyasari

7. Juara Harapan II Cipta Baca Puisi Tingkat Nasional pada FLS2N yang dilaksanakan di Palembang pada Agustus 2015, atas nama Rts. Kunia

8. Juara II Lompat Jauh Nasional pada O2SN di Palembang Tahun 2012, atas nama Ahmad Ridho

9. Juara Harapan I Olimpiade Matematika Tuna Netra Tingkat Nasional di Bali tahun 2012, atas nama Bika Pratiwi

10. Juara Harapan III Lomba Tata Boga Tingkat Nasional pada Gebyar PKLK Tingkat Nasional pada November 2015 di Padang, atas nama Farah Putri Rafani.

Di penghujung acara, Ketua Yayasan SLB Sri Soedewi MS Jambi, Hj. Sherrin Tharia Zola meninjau stan-stan yang digelar di halaman SLB Sri Soedewi MS, yang menampilkan berbagai produk kreasi anak-anak berkebutuhan khusus seperti produk tata boga.(Hen)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos