Home » , , , , » Normalisasi Sungai Solusi Cegah Banjir

Normalisasi Sungai Solusi Cegah Banjir

Written By jambipos-online on Thursday, May 4, 2017 | 22:53


Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli mengharapkan agar normalisasi sungai dan aliran air yang sedang dilakukan bisa menjadi solusi dalam mencegah banjir di Kota Jambi. Pemerintah Provinsi Jambi telah meninjau lokasi yang sering terjadi banjir saat hujan deras, karena pendangkalan sungai dan kurangnya tempat resapan air. 

Saat ini dilakukan pembersihan di lokasi yang sering banjir dan membuka penyempitan sungai dan aliran air yang menyebabkan banjir tersebut. Pembongkaran yang dilakukan menjadi solusi untuk mengatasi banjir setelah kemarin dilakukan normalisasi sungai dan aliran air sehingga banjir tidak terjadi lagi. 

Hal itu disampaikannya Zumi Zola saat meninjau pembongkaran tembok untuk melebarkan sungai dan aliran air, bertempat di Jalan Prof DR M Yamin SH, Kelurahan Payo Lebar, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, Kamis (4/5/2017) sore. 

Zola menjelaskan, sebelumnya sudah lakukan normalisasi sungai dan aliran air, walaupun masih banjir tapi volumenya tidak terlalu besar, sekarang kita lakukan lagi pembongkaran tembok untuk membuka penyempitan sungai dan aliran sungai agar air dapat mengalir dengan baik. 

Pemerintah Provinsi Jambi telah membicarakan dan menjelaskan dengan pemilik bangunan untuk melakukan pembongkaran tembok agar penyempitan sungai bisa diatasi. 

“Pemilik bangunan menyambut dengan baik, karena semua ini untuk kepentingan masyarakat banyak,” kata Zola. 

“Setelah pembongkaran, lebar sungai dan aliran air menjadi 3 meter yang tadinya hanya 1 meter akibat penyempitan. Pembongkaran sepanjang 8 meter ini diharapkan membuat aliran air menjadi lancar dan tidak terjadi banjir lagi," jelas Zola. 

Disebutkan, bahwa Pemerintah Provinsi Jambi telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Jambi, untuk titik-titik yang rawan banjir bisa difasilitasi dan dilakukan normalisasi sungai dan aliran air, serta melakukan pembongkaran terhadap bangunan yang mengakibatkan penyempitan sungai dan aliran air. (JP-03)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos