Home » , » Perkebunan Kopi Liberika Jambi Capai 2.710 Hektar

Perkebunan Kopi Liberika Jambi Capai 2.710 Hektar

Written By jambipos-online on Friday, December 16, 2016 | 10:56


Tanaman Kopi di Kaki Gunung Masurai, Kabupaten Merangin.IST

Jambipos Online, Jambi-Luas lahan perkebunan kopi liberika di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi mencapai 2.710 hektare dengan produksi mencapai ratusan kilogram per hektare. Luasan kebun kopi 2.710 hektare tersebut, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir jumlahnya mengalami penyusutan dari sebelumnya yang mencapai sekitar 3.000-an hektare.

Ketua kelompok petani kopi liberika Murdianto kepada wartawan mengatakan, luas lahan kopi tersebut dikelola oleh petani yang tersebar di enam kecamatan, yakni Kecamatan Betara, Bram Itam, Pengabuan, Senyerang, Tungkal Ilir dan Kuala Tungal.

“Luas lahannya menurun karena tanaman kopi liberika banyak yang layu dan mati, yang sampai saat ini belum diketahui diserang oleh hama apa, masih diteliti," kata Murdianto yang juga ketua Mayarakat Peduli Indikasi Geografis (MPIG) Kopi Liberika Tungkal.

Dijelaskannya, tanaman kopi liberika tungkal kompisit (Libtukom) tersebut tumbuh di ketinggian 0-5 meter dari permukaan laut (MDPL) atau di lahan gambut.

“Libtukom di Kabupaten Tanjung Jabung Barat itu tumbuh di lahan dengan jarak sekitar 23 kilo meter dari pantai di daerah kabupaten itu," katanya menjelaskan.

Pada 23 Juli 2015, lanjutnya, kopi liberika tersebut mendapat sertifikasi indikasi geografis yang dieluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Hasil uji cita rasa dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia menyimpulkan bahwa kopi liberika tungkal dengan proses olah basah kopi pera, (OBKP) memiliki cita rasa herbal, rubbery, rutter sourish and too high acidity. (JP-03)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos