Home » , » Pertama Kali, Pilkada Serentak di Jambi Diikuti Calon Perseorangan

Pertama Kali, Pilkada Serentak di Jambi Diikuti Calon Perseorangan

Written By jambipos-online on Monday, October 24, 2016 | 21:34


Jambipos Online, Jambi-- Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017 menorehkan sejarah baru perpolitikan di Provinsi Jambi. Untuk pertama kalinya, ada pasangan calon (paslon) kepala daerah dari jalur perseorangan yang lolos menjadi peserta pilkada di daerah itu.

Paslon kepala daerah yang lolos pilkada serentak tersebut, yakni calon bupati dan wakil bupati (Cabup dan Cawabup) Muarojambi, Abun Yani - Suhariyanto. Abun Yani – Suhariyanto merupakan satu-satunya pasangan cabup dan cawabup yang maju pilkada melalui jalur perseorangan dari delapan pasangan cabup dan cawabup peserta pilkada tiga kabupaten di Provinsi Jambi.

Pasangan Abun Yani – Suhariyanto ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muarojambi menjadi salah satu cabup dan cawabup Muarojambi periode 2017 – 2021, Senin (24/10). Pasangan cabup dan cawabup dari jalur perseorangan tersebut akan bertarung melawan tiga pasangan cabup dan cawabup Muarojambi dari jalur partai politik.

Ketiga pasangan cabup dan cawabup Muarojambi dari jalur partai politik yang juga sudah ditetapkan KPU Muarojambi sebagai peserta pilkada serentak, yakni Ivan Wirata - Dodi Sularso, Agustian Mahir - Suswiyanto dan Masnah Busro - Bambang Bayu Suseno.

Pada pilkada di Muarojambi tersebut tidak ada calon patahana. Bupati Muarojambi saat ini, Burhanuddin Mahir tidak bisa lagi mengikuti pilkada karena sudah menjabat bupati dua periode.

Sementara itu Pilkada serentak 2017 di Kabupaten Sarolangun dan Tebo, Provinsi Jambi hanya diikuti dua pasangan cabup dan cawabup. 

Berdasarkan keputusan KPU Sarolangun, Senin (24/10), pilkada serentak di daerah itu hanya diikuti dua pasangan cabup dan cawabup, yakni Cek Endra - Hilallatil Badri (patahana) dan Muhammad Madel - Musharsyah. Sedangkan pasangan cabup dan cawabup Tebo yang ditetapkan KPU Tebo menjadi peserta pilkada serentak, yaitu Sukandar - Syahlan (patahana) dan Hamdi - Harmain.

Sementara itu, pasangan cabup dan cawabup Muarojambi dari jalur perseorangan, Abun Yani – Suharyanto mengatakan lega bisa lolos mengikuti pilkada. Pasangan cabup dan cawabup tersebut nyaris gagal ikut pilkada akibat kurangnya dukungan masyarakat.

Pada pelaksanakan verifikasi yang dilakukan KPU Muarojambi dua pekan lalu, kata Abun Yani, sekitar 1.000 kartu tanda penduduk (KTP) yang mereka kumpulkan sebagai tanda dukungan batal. Masalahnya KTP yang berhasil mereka kumpulkan tidak terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catata Sipil Pemerintah Kabupaten Muarojambi.

"Melalui kerja keras seluruh tim, kami akhirnya bisa memenuhi syarat dukungan hingga mencapai 24.305 lembar KTP atau melebihi syarat minimal 23.462 lembar KTP. Kami akan berjuang maksimal untuk memenuhi harapan masyarakat Muarojambi agar calon perseorangan bisa memenangkan pilkada," katanya.(SP)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos