Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Dari Awal Sudah Jadi Masalah Soal Bangunan WTC Batanghari, Tanahnya Ambruk, Walhi Desak Gubernur Kembalikan Fungsi Bantaran Sungai

Tanah di WTC Batanghari Pasar Angso Duo Kota Jambi Ambruk. Foto IST
Jambipos Online, Jambi-Sejak dibangun 10 tahun silam, komplek WTC Batanghari Angso Duo Kota Jambi sudah mendapat perlawanan dari para aktivis di Jambi. Namun dengan dalih investasi, pembangunan bangunan WTC Batanghari terus dilakukan.

Namun ambruknya sebagian jalan dan parkir di Komplek Ruko WTC ternyata sudah pernah diprediksi oleh LSM WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) Cabang Jambi, sebelum dilakukan pembangunan sekitar sepuluh tahun lalu.
 
Ketua WALHI Musri Nauli mengatakan Kontruksi Bangunan WTC bukan dibangun untuk daerah bantaran sungai.

"Kontruksinya bukan dibangun untuk daerah bantaran sungai, ketika orang mencoba mengakali karena kekuasaan itu lah akibatnya tidak bisa dibohongi, tidak bisa ditutupi," ungkap Ketua WALHI Musri Nauli.

Musri menjelaskan, bahwa dirinya tidak menyangka kejadiannya lebih cepat dari prediksi WALHI, yanh pada saat itu memperkirakan paling lama 15 tahun, dan tanda-tandanya dimulai dari 10 tahun awal.

"Kitakan perkirakan paling lama 15 tahun, ternyata kita dak nyangko secepat itu ternyata kontruksi nya betul-betul lemah," jelasnya.

Musri mengatakan menurut Undang-undang bantaran sungai tidak boleh dibangun bangunan, karena sangat rawan terjadi longsor atau amblas nya tanah.

Musri juga meminta Gubernur Jambi Zumi Zola untuk mengembalikan fungsi daerah-daerah atau area yang memang tidak boleh di bangun dan memperbaiki tata ruang.

"Banyak yang tidak boleh, Angso duo, dan juga Abadi Suite gedung nya sekarang sudah retak, tata ruang Jambi sudah banyak yang salah, tata ruang diperbaiki lah, bahaya itu, jangan sampai nanti ada korban jiwa," ujarnya.

Musri juga meminta Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Jambi untuk lebih menggunakan fungsinnya dalam menganalisa dampak lingkungan dari suatu bangunan. (JP-03)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar