Home » , » Malam Takbiran di Kota Jambi Meriah

Malam Takbiran di Kota Jambi Meriah

Written By jambipos-online on Thursday, July 7, 2016 | 6:06 PM

     
Kendaraan hias bernuansa Islami yang mengikuti pawai malam takbiran di Kota Jambi, Selasa, 5 Juli 2016 malam. Pawai kendaraan hias tersebut menjadi sajian khas pada peraraan malam takbiran di kota itu. [SP/Radesman Saragih]
Kendaraan hias bernuansa Islami yang mengikuti pawai malam takbiran di Kota Jambi, Selasa, 5 Juli 2016 malam. Pawai kendaraan hias tersebut menjadi sajian khas pada peraraan malam takbiran di kota itu. [SP/Radesman Saragih]
Jambipos Online,Jambi- Pawai malam takbiran di Kota Jambi, Selasa (5/7) malam berlangsung meriah. Sedikitnya 10.000 orang warga kota itu tumpah ke jalan menyaksikan 780 unit kendaraan hias yang melakukan pawai. Pawai kendaraan hias malam takbiran di Kota Jambi mendapat sambutan warga masyarakat karena seluruh kendaraan hias yang mengikuti pawai dinilai tim juri.
Sebagian besar kendaraan hias menonjolkan ciri Islami dan budaya Jambi. Sebagian besar kendaraan hias berbentuk masjid dan dilengkapi dengan bedug. Setiap tim kendaraan hias yang ditumpangi kelompok remaja dan pemuda memainkan musik khas Islam disertai tabuhan bedug.

Pawai malam takbiran tersebut diawali dari tugu kantor Wali Kota Jambi, mengelilingi komplek Asrama Haji, Beringin, Kota Jambi dan kembali ke tugu kantor Wali Kota Jambi. Sepanjang jalan yang dilalui pawai takbir keliling tersebut dipadati warga. Tugu kantor Wali Kota Jambi yang merupakan titik perhentian terakhir (finish) pawai malam takbiran juga dipadati warga. Malam takbiran di kota itu lebih meriah lagi dengan pesta kembang api di akhir acara.

Joni (45), warga Paal V, Kotabaru, Kota Jambi mengatakan, pawai malam takbiran di Kota Jambi itu menjadi sajian religius pada akhir bulan Ramadan bagi warga Kota Jambi. Puluhan ribu warga dari berbagai pelosok Kota Jambi memadati lokasi pusat perayaan malam takbiran di tugu kantor Wali Kota Jambi.

"Perayaan malam takbiran di Kota Jambi kali ini luar biasa. Antusiasme warga menghadiri malam takbiran ini sangat tinggi. Jumlah mobil hias yang mengikuti pawai juga sangat banyak, mencapai ratusan unit. Saya melihat bahwa perayaan malam takbiran ini sebagai pesta religi dan budaya karena mobil hias yang ikut pawai rata-rata menonjolkan hiasan agama dan budaya Jambi," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya menggelar pawai malam takbiran dengan mengadakan lomba kendaraan hias untuk membangkitkan semangat warga merayakan hari kemenangan melalui bulan Ramadan selama sebulan. Lomba kendaraan hias pada pawai malam takbiran tersebut mendapat sambutan warga Jambi.

"Saya berharap, perayaan malam takbiran ini menjadi pendorong bagi warga Kota Jambi untuk selalu bersyukur dan bergembira melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan tersebut saya harapkan meningkatkan rasa kebersamaan dan persaudaran di tengah masyarakat," katanya.(SP)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos