Home » , , » FACHRORI UMAR : TIDAK BOLEH ADA DISKRIMINASI TERHADAP KAUM DIFABEL

FACHRORI UMAR : TIDAK BOLEH ADA DISKRIMINASI TERHADAP KAUM DIFABEL

Written By jambipos-online on Wednesday, May 18, 2016 | 7:58 AM

Jambipos Online, Jambi-Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum menekankan tidak boleh ada diskriminasi terhadap kaum cacat fisik (difabel). Hal tersebut dikemukakan oleh Wagub dalam Pembukaan Pekan Paralympic Pelajar Provinsi (Peparpeprov) Jambi VII Tahun 2016, bertempat di Aula Badan PendidIkan dan Pelatihan Daerah (Bandiklatda) Provinsi Jambi, Kota Baru, Kota Jambi, Selasa (17/5) siang.

Peparpeprov VII Jambi Tahun 2016 ini diikuti oleh para pelajar penyandang difabel dari kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

Selain itu, Wagub menghimbau masyarakat, bahwa yang fisiknya lebih sempurna, dalam artian tidak cacat fisik, harus memberikan perhatian bagi kaum difabel.

“Mereka bersemangat mengikuti even ini walaupun dengan keterbatasan fisik. Jadi kita yang sehat sempurna ini supaya memperhatikan mereka, agar mereka merasa tidak asing. Jadi tidak ada perbedaan (diskriminasi), kita harus perhatikan mereka. Mereka juga mungkin fisiknya yang sakit atau tidak sempurna, tetapi batinnya tetaplah cukup bagus atau sempurna,” ungkap Wagub.

Wagub menyatakan, Peparpeprov Jambi merupakan multievent dua tahunan difabel, sebagai bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Jambi terhadap pembinaan dan pengembangan olahraga difabel Provinsi Jambi. Dan, Peparpeprov ini merupakan penjaringan bibit muda atau paralympian pelajar Provinsi Jambi berbakat yang akan disiapkan menuju ajang nasional dengan prestasi yang mereka raih.

“Event olahraga prestasi different ability dapat menjauhkan rasa minder dan dapat meningkatkan rasa percaya diri, motivasi serta minat para disabilitas, agar mereka tumbuh sebagai pribadi yang mandiri dan tidak dibeda-bedakan atas prestsi yang diraihnya,” ujar Wagub.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi, Drs.H.Satria Budhi, MM, dalam laporannya menyampaikan, Peparpeprov Jambi VII Tahun 2016 diselenggarakan dari tanggal 16 sampai dengan 20 Mei 2016, dengan 4 cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu; 1.Atletik, dilaksanakan di Lapangan Stadion Mini Kota Jambi, 2.Bulu Tangkis, dilaksanakan di lapangan/Hall Wana Graha Kota Jambi, 3.Tenis Meja, dilaksanakan di lapangan SLB Sri Soedewi Masjchun Safwan Kota Jambi dan 4.Renang, dilaksanakan di Kolam Renang Tepian Rajo Kota Baru, Kota Jambi.

Satria Budhi mengatakan, tema even yang memperebutkan 80 medali ini adalah Sukses Prestasi dan Sukses Menuju Peparpenas 2017 Jawa Tengah.

“Kita sangat bangga atas prestasi yang diraih oleh atlet difabel Provinsi Jambi, yang grafiknya meningkat, dimana pada Peparpenas Tahun 2013 di Jakarta, Provinsi Jambi menduduki peringkat ke-14 se Indonesia, dan pada Peparpenas Tahun 2015 di Bandung, Provinsi Jambi menduduki peringkat 8 nasional,” tutur Satria Budhi.

Satria Budhi menambahkan, prestasi dan karya kaum difabel di bidang lain selain lahraga juga diharapkan, karena mengkin tidak semua kaum difabel tertarik dalam bidang olahraga, namun dalam bidang lainnya, yang sifatnya sangat positif, yang selain bermanfaat, juga bisa memberikan kebanggan Provinsi Jambi.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Jambi, Safrizal, dalam sambutannya menjelaskan, NPC adalah induk organisasi penyandang difabilitas, dan sebagai organisasi yang otonom, yang sudah termaktub dalam UU RI No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Safrizal menyatakan, NPC dalam tugas dan fungsinya membantu pemerintah dalam pemberdayaan, pembinaan, dan pengembangan olahraga prestasi disabilitas, yang pada saat ini kedudukannya sederajat dengan KONI, dan kegiatan Peparpeprov yang dilaksanakan ini juga merupakan tanggung jawab bersama Pemerintah Provinsi Jambi dan organisasi penyandang difabilitas Provinsi Jambi.

Persembahan tarian dari para siswi tuna rungu dan penampilan pantomim memeriahkan pembukaan Peparpeprov VII Jambi Tahun 2016 tersebut. Selain itu, salah seorang siswi SLB Prof.Dr. Sri Soedewi Masjchun Safwan Jambi, Rosa Liza memberikan sebuah lukisan kepada Wakil Gubernur Jambi. Lukisan tersebut dilukis ketika acara pembukaan Peparpeprov sedang berlangsung. (Mustar Hutapea-Humas Prov Jambi)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos