Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


H Al Haris Buka Lubuk Larangan Teluk Mancur Sakti

Bupati Merangin H Al Haris membuka lubuk larangan Teluk Mancur Sakti di Desa Selango Kecamatan Pamenang Selatan, Kamis (27/7/2017). Photo:Yahya
Jambipos Online, Merangin-Bupati Merangin H Al Haris membuka lubuk larangan Teluk Mancur Sakti di Desa Selango Kecamatan Pamenang Selatan, Kamis (27/7/2017). 

Acara berlangsung meriah dihadiri ribuan masyarakat Merangin. Pembukaan lubuk larangan tersebut ditandai dengan pelemparan jala oleh Bupati Merangin diikuti masyarakat yang dari pagi telah siap melemparkan jalanya ke Sungai Batang Tembesi tersebut. 

“Jadi sekarang setiap desa yang memiliki sungai, harus mempunyai lubuk larangan. Banyak manfaat yang diambil dari keberadaan lubuk larangan tersebut, terutama untuk pembelajaran adat,” katanya. 


Kata Al Haris, lubuk larangan mengajarkan kepatuhan masyarakat terhadap adat. Dimana ikan yang berada di sungai itu, tidak boleh diambil sampai batas waktu yang ditentukan, bila ada warga yang melanggar akan dikenakan hukum adat. 

Selain sebagai media pendidikan adat tegas bupati, keberadaan lubuk larangan juga sebagai pelestarian sungai. Dimana sungai yang menjadi lubuk larangan, tidak akan tercemar oleh aksi penambangan emas tanpa izin. 

Hasil dari panen lubuk larangan itu jelas bupati lagi, digunakan untuk kesejahteraan desa dan masyarakat. Desa bisa menggunakan dana dari hasil panen lubuk larangan untuk membangun masjid atau infrastruktur lainnya. 

Kepala Desa Selango Ajrai menambahkan, Lubuk Larangan Teluk Mancur Sakti sudah selama tiga tahun belum dipanen, baru kali ini dibuka langsung oleh Bupati Merangin. 

“Kami sangat berterimakasih sekali atas kesediaan Bapak Bupati membuka lubuk larangan di desa kami ini. Mudah-mudahan semua yang dilakukan akan menjadi berkah bagi warga kami,’’ujar Ajrai. 

Usai panen lubuk larangan, bupati dan rombongan dijamu makan siang di bantaran sungai. Dengan berbagai menu yang dihidangkan dialam terbuka itu, akan menambah selera makan siang.(JP-Yah)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar