Home » , , » Gubernur Jambi Minta PT Star Rubber dan PT Djambi Waras Jangan Bodohi Petani Karet

Gubernur Jambi Minta PT Star Rubber dan PT Djambi Waras Jangan Bodohi Petani Karet

Written By jambipos-online on Wednesday, December 7, 2016 | 08:53



Peninjauan - Junction di Kabupaten Muara Bungo, Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA mengunjungi PT Star Rubber, Desa Sirih Sekapur, Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo dan PT Djambi Waras Jujuhan, Muara Bungo, Selasa (6/12/2016) sore.
Gubernur Jambi, H.Zumi Zola mengunjungi PT Star Rubber, Desa Sirih Sekapur, Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo Dan PT Djambi Waras Jujuhan, Muarabungo.

Jambipos Online, Bungo-Setelah meninjau jalan provinsi ruas Muara Bungo - Peninjauan - Junction di Kabupaten Muara Bungo, Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA mengunjungi PT Star Rubber, Desa Sirih Sekapur, Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo dan PT Djambi Waras Jujuhan, Muara Bungo, Selasa (6/12/2016) sore. 

Bupati dan Wakil Bupati Bungo serta perwakilan dari DPRD Kabupaten Bungo mendampingi gubernur dalam kunjungan tersebut.
Dalam kunjungan tersebut, pada intinya Zola menyampaikan 5 (lima) poin, yaitu:

1. Mengenai tenaga kerja perusahaan, agar perusahaan memprioritaskan masyarakat sekitar perusahaan dan masyarakat daerah setempat sebagai tenaga kerja di perusahaan tersebut. Zola mengatakan, jika masyarakat sekitar perusahaan dan masyarakat daerah setempat tidak atau kurang memenuhi standar kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan, supaya perusahaan bersedia memberikan pelatihan, dan pelatihan tersebut mungkin bisa menjadi bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

2. Mengenai limbah perusahaan, supaya limbah perusahaan benar-benar dikelola dengan baik, mengikuti aturan, ketentuan, dan prosedur yang berlaku, agar operasional perusahaan berwawasan lingkungan. "Masalah limbah harus benar-benar diperhatikan, karena kalau lingkungan rusak karena limbah, biayanya sangat mahal dan mungkin lingkungannya tidak bisa dipulihkan," ungkap Zola.

3. Zola menekankan dan meminta perusahaan memberikan edukasi (mendidik) masyarakat bagaimana mengelola karet dengan baik dan bersih, dimana jika masyarakat menjual karet dengan kualitas yang baik dan karetnya bersih, akan meningkatkan harga karet. Zola mengemukakan bahwa hal tersebut merupakan salah satu upaya menghadapi harga karet yang rendah beberapa tahun belakangan ini.

4. Zola mengharapkan agar kedepan, perusahaan bisa menghasilkan barang atau produk jadi, bukan hanya bahan setengah jadi, yang diproses lebih lanjut di luar Provinsi Jambi. Zola mengemukakann, nanti Pemerintah (Provinsi Jambi dan Kabupaten Bungo), Badan Usaha Milik Daerah (Provinsi Jambi dan Kabupaten Bungo), dan perusahaan bisa bersinergi untuk mewujudkannya. 

"Tadi di paparan dinyatakan, PT Djambi Waras merupakan pemasok bahan untuk ban Goodyear, Michelin, dan Bridgestone. Saya berharap ada produk akhir dari Jambi, tidak usah yang besar-besar dulu, ban sepeda dan ban sepesa motor dulu, dan tidak usah dalam skala besar dulu, skala kecil dulu, yang penting kita buat pilot project produk akhir dari Jambi," jelas Zola.

5. Supaya CSR disinergikan dengan program-program Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi Jambi.

Sebelumnya, Factory Manager PT Star Rubber, Yudi dan Factory Manager PT Djambi Waras Jujuhan, Rikson Tambunan memberikan paparan tentang profil perusahaan. 

Yudi menyatakan, dari 316 orang karyawan PT Star Rubber, 235 orang (74%) berasal dari masyarakat sekitar, Kabupaten Bungo, dan Provinsi Jambi. (Mustar Hutapea-Humas Prov Jambi)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos