Home » , , » Merangin Berpeluang Menang Lomba P2W-KSS

Merangin Berpeluang Menang Lomba P2W-KSS

Written By jambipos-online on Thursday, November 17, 2016 | 12:17





Tingkat Provinsi Jambi Diwakili Desa Beringin Sanggul

Jambipos Online, Merangin-Kabupaten Merangin berpeluang besar memenangkan lomba program terpadu, Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2W-KSS). Hal tersebut tersirat pada acara penilaian P2W-KSS, Rabu (16/11/2016).

Pada acara yang berlangsung di Desa Beringin Sanggul Kecamatan Tiangpumpung itu, berbagai keunggulan Kabupaten Merangin terlihat sangat menonjol dari berbagai bidang yang ditampilkan saat penilaian berlangsung.

Bahkan dewan juri yang dipimpin Hj Jaya Wati, sangat kagum dengan berbagai kreativitas para ibu-ibu di Desa Beringin Sanggul tersebut. ‘’Semua kabupaten/kota berpeluang jadi juara, namun Merangin punya unggulan,’’ujar Hj Jaya Wati.

Tim penilai yang berjumlah lima orang tersebut, juga kagum dengan kearifan lokal yang dimiliki Merangin. Selain itu pemanfaatan bahan-bahan bekas menjadi sesuatu yang menarik,  juga tak luput jadi perhatian dewan juri.

Bupati Merangin melalui Asisten I Setda Merangin H Junaidi menegaskan, ada dua desa di Merangin yang menjadi peminaan program terpadu P2W-KSS. Pertama Desa Bedeng Rejo Kecamatan Bangko Barat dan Desa Beringin Sanggul.

‘’Namun setelah dilaksanakan pembinaan dan penilaian tingkat Kabupaten Merangin, hasil dari penilaian yang meraih juara pertama Desa Beringin Sanggul, sehingga berhak mewakili Merangin ditingkat Provinsi Jambi,’’ujar H Junaidi.

Tujuan dari program terpadu P2W-KSS ini adalah untuk meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan dalam rangka mewujudkan keluarga berkualitas. Meningkatkan status kesehatan perempuan, meningkatkan status pendidikan.

Selain itu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perempuan dalam  usaha ekonomi produktif, meningkatakan partisipasi perempuan dalam pelestarian lingkungan hidup  dan meningkatkan peran aktif perempuan dalam pemahaman wasawasan kebangsaan.

Ketua TP PKK Merangin Hj Hesti Haris menambahkan, ada sebagai 50 bidang pembinaan yang dilakukan kepada para perempuan di Desa Beringin Sanggul sesuai dari ketentuan lomba, namun lebih dari itu bidang lain juga diberikan.

Lomba tersebut lanjutnya, bukan hanya seremonial lomba, tetapi yang penting pembinaan dari 50 bidang tersebut, sehingga mampu meningkatkan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera.

‘’Saya sangat berterimakasih kepada masyarakat yang sangat memberikan respon terhadap kegiatan ini. Lomba ini akan sangat berdampak pada perubahan peran wanita di pedesaan yang jauh lebih baik lagi,’’ujar Hj Hesti Haris. (Yah)





H A Khafid Moein Pimpin Apel Operasi TNKS
Jambipos Online, Merangi-Wakil Bupati (Wabup) Merangin H A Khafid Moein kemarin (16/11) memimpin jalannya apel operasi Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) di halaman depan Kodim 0420 Sarko.
Pada apel yang diikuti barisan dari Polisi, Brimob, TNI, Polisi Kehutanan dan Satpol PP tersebut, wabup minta operasi yang akan digelar mulai kemarin itu, hendaknya berlangsung lancar.
‘’Tolong hindari konflik dengan para perambah hutan, ketika operasi berlangsung, sehingga semua merasa aman. Beri pemahaman kepada perambah kalau perbuatannya itu melanggar hukum,’’ujar Wabup.
Kapolres Merangin AKBP Munggaran menambahkan, TNI dan Polri sifatnya hanya mengamankan operasi. Jangan ada serangan, yang ada hanya pengamanan terhadap para pelaku perambahan.
‘’Jika dalam operasi itu nanti terjadi anarkis, baru lakukan penangkapan terhadap pelaku. Penangkapan yang dilakukan juga jangan menakut-nakuti dengan senjata. Operasi ini harus berlangsung aman,’’harap Kapolres.
Selain itu Kapolres Merangin berpesan dalam operasi itu, tim jangan merusak pondok-pondok yang berdiri dalam kawasan TNKS. Jangan memancing-mancing kerusuhan dengan berbuatan dan tingkahlaku, semua harus persuasif. 
Kasdim 0420 Sarko Mayor Inf M Wakhid DS menegaskan, operasi yang dilakukan harus punya nilai 100. ‘’Ini artinya operasi yang dilakukan harus tetap dalam kondisi aman, jika tidak aman itu bukan nilai 100,’’tegasnya. (Yah)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos