Home » , , » Gubernur Zumi Zola Minta Bupati Walikota di Jambi Siapkan Lahan Kopi

Gubernur Zumi Zola Minta Bupati Walikota di Jambi Siapkan Lahan Kopi

Written By jambipos-online on Monday, February 15, 2016 | 6:12 AM


Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli, STP MAdan Istri saat tiba di Bandara Sultan Thaha Jambi, Minggu 14 Februari 2016. Foto Usman Muhammad.


Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli, STP MA mengatakan Provinsi Jambi mempunyai 25 ribu hektar kebun kopi. Dari 25 ribu hektar kebun kopi tersebut yang tersebar di Provinsi Jambi terdapat tiga macam kopi yang bisa tumbuh subur di daerah Jambi yaitu Robusta, Rabika dan Rebelika. ini sudah kita Ekspor ke Malaysia.

Zumi Zola meminta agar para Bupati dan Walikota di Jambi untuk menyediakan lahan perkebunan kopi di daerahnya. Kemudian tanaman kebun sawit agar dikurangi dan beralih ke kebun kopi.

Hal itu dikatakan Zumi Zola usai menghadiri Rapat Pengembangan Kopi Nasional bersama Wakil Presiden H. Jusuf Kalla dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, menteri Perindustrian Saleh Husin dan Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, Dirjen Perkebunan Gamal Nasir bertempat digedung Pertemuan Mahan Agung Rumah Dinas Gubernur Lampung, Sabtu (13/2/2016) siang.
Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) RI H. Jusuf Kalla Sekaligus berdialog langsung dengan masyarakat dan pelaku usaha ekonomi didaerah.

Pada kesempatan itu Wapres menjelaskan, Lampung merupakan penghasil kopi di indonesia dengan kwalitas terbaik," dengan hasil yang baik ini perlu kita kembangkan dengan tujuan bersama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat secara menyeluruh," tuturnya.

Dijelaskan JK, ditengah pertumbuhan ekonomi yang melemah saat ini, kopi merupakan komoditas yang cukup baik dalam membantu pertumbuhan nasional.

Dikatakan Wapres, upaya lain yang perlu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas petani kopi, " Perlu adanya pelatihan cara bercocok tanam yang benar bagi petani kopi, agar kwalitas hasil perkebunan terus meningkat dan lebih baik lagi " katanya.

Sementara Gubernur Zumi Zola menjelaskan, guna peningkatan nilai tambah Petani, Pemerintah pusat dan Provinsi akan mensupport dengan membantu para petani menyediakan Bibit serta penyediaan lahan.

“Untuk itu kita akan minta bantuan Bupati/walikota agar menyediakan lahan, pemerintah pusat melalui kementerian Pertanian siap membantu menyediakan bibit kopi, ini nantinya akan kita pantau secara berkala,” ujarnya.

“Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung program pemerintah pusat tentang peningkatan perkembangan kopi nasional,”  tegasnya.
Zola menjelaskan, Provinsi Jambi sangat berpotensi sekali dalam pengembangan kopi. “Kita mempunyai lahan yang begitu luas, kalau memang terus disupport oleh pemerintah pusat kita siap,” tambahnya.

Selain itu Zola juga mengemukakan keluhan para petani Karet dan sawit dihadapan Wapres Jusuf Kalla dan menteri pertanian.

Turut mendampingi Gubernur Jambi Zumi pada kesempatan ini Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi. Ir. Budi Daya, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Jambi, M. Zaki, Kepala Biro Sumber Daya Alam Provinsi Jambi Masherudin . (Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos