Home » , » Aksi Pemuda Pungut Sampah Hingga 10 Karung di Candi Muarojambi

Aksi Pemuda Pungut Sampah Hingga 10 Karung di Candi Muarojambi

Written By jambipos-online on Monday, January 25, 2016 | 2:57 PM

http://jambiaktual.com/modules/news/images/56a585c813f48.jpg
Operasi Semut Pemuda Candi
Dari Aksi Operasi Semut Bersih Candi di Hari Minggu Komunitas Pemuda Muarojambi
 
Jambipos Online, Muarojambi-Sebanyak 10 karung sampah berhasil dikumpulkan oleh sebarisan pemuda desa di komplek candi Muarojambi dalam aksi sosial membersihkan sampah pengunjung candi terluas di Asia Tenggara tersebut pada hari Minggu kemarin.

“Lumayan banyak, ada 10 karung, maklum kita melakukan di hari Minggu, hari libur dimana itu adalah momentum meningkatnya jumlah wisatawan di candi kia ini,” kata Ridho Saputra, Ketua Kumunitas Pemuda Peduli Lingkungan Muarojambi.

Selanjutnya, imbuh pemuda yang masih tercatat sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di kota Jambi ini, sampahnya kita sortir antara organik dan non organik, lalu dikumpulkan di bank sampah guna selanjutnya akan di daur ulang sesuai dengan jenisnya.

Menurut dia, aksi sosial yang mereka sebut sebagai Operasi Semut membersihkan candi tersebut mereka lakukan secara sukarela dan kesadaran sendiri dan itu telah rutin mereka gelar semenjak organisasi ini berdiri dua tahun lalu.

Aksi tersebut, diikuti oleh belasan pemuda dari desa-desa sekitar komplek candi, dengan menyewa satu unit gerobak warga mereka berkekiling di kawasan inti candi yang tengah ramai wisatawan.

“Kita berkeliling kompel candi guna memuguti seluruh sampah yang ada di candi yang mungkin dibuang sembarang oleh pengunjung. Dari 10 karung yang terkumpul itu 6 karung adalah sampah plastik yang tidak bisa diurai tanah seperti kantong kresek, sementara 4 karung lainnya adalah sampah adalah sampah organik yang bisa diolah jadi kompos,” terang Ridho.

Ditegaskannya, dia dan kelompoknya hanya ingin mengetuk hati dan membuka kesadarn masyarakat tentang keberadaan candi Muarajambi adalah aset penting negara yang kedepannya harus tertata dengan baik sehinga wisatawan tidak merasa bosan mau datang kembali ke candi, dan hal tesebut pada gilirannya  akan dapat membawa dampak ekonomi pula bagi masyarakat.(Sumber: http://jambiaktual.com)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos